Belum SNI, Total Oil: Kami Sudah Proses ke Sana
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 13 Februari 2019 20:05 WIB
Total Oil meluncurkan pelumas khusus untuk mobil LCGC. 13 Februari 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali

GOOTO.COM, Jakarta - PT Total Oil Indonesia meluncurkan produk pelumas baru khusus untuk mobil LCGC, yakni Total Quartz 8000 Future GF-5 0W-20 full synthetic dan Total Quartz 7000 Future GF-5 5W -30 semi synthetic. Namun belum ada cap SNI (Standar Nasional Indonesia) pada produk tersebut.

Padahal, pemerintah telah mengumumkan mulai tahun ini setiap produk pelumas yang ada di Indonesia yang dipasarkan di dalam negeri wajib ada label SNI.

Baca: Total Oil Luncurkan Pelumas Khusus untuk Mobil LCGC

Menanggapi hal tersebut, Managing Director PT Total Oil Indonesia, Franck Giraud, menjelaskan bahwa saat ini memang belum ada sertifikasi pada produk Total Oil Indonesia, namun sekarang sedang dalam proses sertifikasi SNI

"Ya kita sudah proses sertifikasi SNI ke sana, kami berharap sebelum November semua produk sudah ditempel," ujar Franck, kepada wartawan, di Jakarta, Rabu 13 Februari 2019.

Proses tersebut dikatakan Franck sudah memasuki tahap awal. Dan salah satu syarat dalam tahap awal mendapatkan sertifikasi SNI itu adalah kunjungan ke tempat produksi.

Baca: Total Oil Banderol Pelumas Khusus LCGC Rp 100 Ribu per Liter

"Salah satu persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi adalah kunjungan pada proses produksinya jadi kunjungan pertama akan dilakukan minggu depan," ujar Franck.

Regulasi produk pelumas wajib bersertifikasi SNI tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia Pelumas Secara Wajib yang telah diundangkan pada 10 September 2018 dan berlaku pada 10 September 2019.

#Total
#SNI
#Standar Nasional Indonesia (SNI)
#Pelumas

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi