Mewahnya Bus Trans Jawa Rute Jakarta-Semarang-Solo
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 14 Februari 2019 09:48 WIB
Bus Trans Jawa rute Jakarta-Semarang-Solo, kerja sama antara PT Putera Mulya Sejahtera dengan PT United Tractors Tbk, di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, 14 Februari 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Bus Trans Jawa yang digagas Menteri Perhububgan, PT Putera Mulya Sejahtera bekerjasama dengan PT United Tractors Tbk, mencetuskan ide Bus Trans Jawa dengan rute Jakarta-Semarang-Solo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hari ini, Kamis 14 Februari 2019, Tempo.co bersama awak media nasional lainnya diajak mencicipi Bus Trans Jawa dengan rute tersebut. Perjalanan dimulai pukul 07.00 WIB, dengan target saat waktunya makan siang pukul 12.00 WIB, sudah sampai di Semarang. Pukul 18.00 WIB ditargetkan sudah sampai di Jakarta.

Baca: GIIAS 2018: Menyulap Interior Bus Serupa Lounge Mewah, Biayanya?

Target tersebut kata Pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, untuk membuktikan bahwa perjalanan ke Semarang dari Jakarta dengan Bus Trans Jawa ini tidak perlu memakan waktu terlalu lama.

"Kami coba buktikan, makanya temanya kan makan siang di Semarang," ujarnya kepada wartawan, di Stasiun Pulogebang, Jakarta Timur.

Konfigurasi kursi 2-1 pada Bus Trans Jawa membuat ruang kaki lebih lapang dan nyaman. 14 Februari 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali

Jam keberangkatan Bus Trans Jawa ini adanya pagi hari, karena kata pria yang akrab disapa Sani itu, belum ada bus jurusan Jakarta- Semarang-Solo yang beroperasi di pagi hari. Maka dari itu diharapkan identifikasi terhadap kebutuhan masyarakat untuk angkutan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) bisa dilakukan.

"Kami mencoba market baru, di mana orang pergi untuk kepentingan bisnis atau wisata mengingat jarak tempuh semakin singkat antar kota di Jawa. Untuk memudahkan calon penumpang kami menggandeng redBus sebagai agregator ticketing system kami. Masyarakat tinggal mendownload aplikasi nya dan bisa reservasi langsung dengan mudah sesuai rencana pemenntah untuk kedepannya masyarakat pengguna jasa transportasi darat berbasiskan bus sudah lebih mudah dengan pemesanan online," tuturnya.

Bus Trans Jawa ini merupakan jenis bus double-decker asal Swedia, yakni Scania K410IB, yang diklaim sudah teruji kenyamanannya. Di mana transportasi umum dengan perjalanan jauh, kenyamanan jadi salah satu yang diutamakan.

Interior mewah Bus Trans Jawa, setiap kursi dilengkapi dengan LCD monitor. Berasa seperti naik pesawat. 14 Februari 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali.

Selain itu, ada beberapa fitur yang mendukung kenyamanan penumpang . Seperti layar sentuh yang bisa digunakan untuk menonton ataupun mendengarkan musik di setiap bangku penumpang.

"Saya berterima kasih kepada PT United Tractors yang menginisiasi percepatan pengembangan moda angkutan bus antarkota antarprovinsi. Kami sangat terbantu dengan layanan puma jual Scania yang ada di bawah PT United Tractors Tbk, dan sekarang ini mercka menunjukkan perhatian dengan ikut mendukung pengembangan bisnis pelanggannya," papar Sani. 

Fasilitas yang didapatkan Bus Double Decker Scania Trans Jawa First Executive Class, snack dan 1 x makan, tersedia juga bantal, selimut, LCD on Seat, USB Charger, serta Teh dan Kopi.

Baca: Mewahnya Bus yang Dipajang di GIIAS 2018, Dibanjiri Pengunjung

Untuk titik pemberangkatannya ada di beberapa titik:

1. Jakarta : Pondok Pinang (05.30), Pulo Gebang (06.30), Bekasi Timur (07.15), Cikarang (07.45), selajutnya langsung menuju Semarang dan Solo.

2. Solo : Terminal Tirtonadi (07.00), Semarang (08.30), Cikarang, Bekasi Timur dan Pulo Gebang.

Simak video Bus Trans Jawa: 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi