Mengintip Spesifikasi Lengkap Bus Trans Jawa Jakarta-Solo
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 15 Februari 2019 17:30 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - PT Putera Mulya Sejahtera, salah satu perusahaan Otobus (PO) di Indonesia menghadirkan layanan Bus Trans Jawa dengan rute Jakarta-Semarang-Solo. Lantas seperti apa spesifikasi bus asal Swedia, Scania K410IB, itu.

Bus Scania K410IB sebelumnya digunakan PO Putera Mulya Sejahtera dengan rute Jakarta - Solo - Wonogiri, dibekali mesin 13.000 DC13 dengan standar emisi Euro 5. Mesin dilengkapi dengan teknologi turbocharged, intercooled, dengan transmisi semi otomatis opticruise transmission.

Mesin ini dapat menghasilkan output hingga 410 hp pada putaran 1.900 rpm dan torsi puncak 2.000 Nm di rentang 1.000 - 1.350 rpm. Pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, mengkalim dengan perjalanan panjang cocok dengan mesin besar.

"Mesin bus seperti ini cocok untuk trek-trek panjang seperti di tol Trans Jawa," ujarnya kepada wartawan, di Semarang, Kamis 14 Februari 2019.

Baca: Fitur Mewah Bus Trans Jawa Rute Jakarta-Semarang-Solo Bikin Betah

Bus jenis doubel-decker yang berharga Rp 3 miliar itu juga dilengkapi berbagai fitur yang menopang kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan. Di antaranya adalah Anti-locking Braking System (ABS), Electronic Brake System, Retarder, dan Cruise Control yang bisa membuat bus berjalan stagnan di kecepatan tertentu tanpa supir perlu menginjak pedal gas.

Dari fitur-fitur tersebut, salah satu fitur unggulan di bus ini adalah Retarder. Melalui fitur ini, kata Sani, pengereman dapat dilakukan melalui transmisi.

"Fitur ini membuat pengereman lebih halus, karena pengereman bukan dari roda, melainkan dari sistem transmisinya. Jadi seperti deselerasi," ujarnya.

Saat Tempo bersama awal media nasional lainnya mencicipi bus dengan mesin besar tersebut, terlihat pada speedometer kecepatannya mencapai 120 kilometer per jam pada putaran 1.500an rpm.

Baca: Tiket Bus Mewah Jakarta-Solo Rp 50 Ribu, Simak Cara Membelinya

Total terdapat 44 kursi penumpang di dalam bus, 38 di atas dan 6 di bawah. setiap kursi dilengkapi fitur hiburan Audio Video On Demand (AVOD) dan penopang kaki (leg rest). Kursinya cukup lebar dan empuk, membuat penumpang terasa lebih nyaman. 

Sebagai tambahan, perusahaan juga menyediakan bantal dan selimut di kursi penumpang. Ada juga toilet dan water dispenser khusus bagi penumpang yang ingin membuat kopi atau teh.

Untuk informasi, Bus Trans Jawa baru saja membuka rute Jakarta-Semarang-Solo, dengan harga promo sekitar Rp 50 ribuan. Harga ini akan naik menjadi Rp 195 ribu untuk dek atas dan Rp 325 ribu untuk dek bawah. Rute ini beroperasi mulai 14 Februari 2019. 


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi