Bus Trans Joglosemar Beroperasi, Tarif Mulai Rp 150 Ribu
Reporter: Francisca Christy Rosana
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 23 Desember 2019 14:58 WIB
Kementerian Perhubungan meluncurkan 68 unit bus kelas premium rute Joglosemar dan Tol Trans Sumatera pada Sabtu, 21 Desember 2019, di Terminal Pulogadung, Jakarta. Bus tersebut dioperasikan oleh 17 perusahaan otobus atau PO. Foto: Kementerian Perhubungan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kementerian Perhubungan telah mengumumkan beroperasinya bus eksklusif trayek Tol Trans Sumatera dan Jogja-Solo-Semarang alias Joglosemar akhir pekan lalu. Direktur Angkutan Jalan dan Multimoda Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Ahmad Yani mengatakan perusahaan otobus atau PO yang mengoperasikan armada untuk trayek tersebut sudah menentukan tarif perjalanannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Ahmad Yani, tarif perjalanan untuk tol Trans Sumatera dipatok Rp 300 ribu. "Sedangkan tarif Joglosemar lebih rendah," katanya kepada Tempo, Senin, 23 Desember 2019.

Adapun tarif perjalanan untuk trayek Jakarta-Semarang dipatok Rp 150 ribu. Sedangkan tarif trayek Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Solo ditentukan seharga Rp 180 ribu.

Pada peluncuran pertama, Kementerian Perhubungan mencatat ada 68 bus eksklusif yang akan melayani trayek Tol Trans Sumatera dan Joglosemar. Sebanyak 60 armada akan beroperasi mengangkut penumpang menuju Jogjlosemar. Sedangkan delapan armada lainnya akan mengaspal menuju rute Trans Sumatera.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi pada akhir pekan lalu mengatakan Bus Tol Trans Sumatera dan Joglosemar ini bakal dioperasikan oleh 17 perusahaan otobus atau PO. "Sebanyak 15 PO mengoperasikan bus Tol Joglosemar, sedangkan Trans Sumatera dua PO," tuturnya.

Bus Joglosemar dan Trans Sumatera akan melayani penumpang dari Terminal Pulogebang, Jakarta. Budi Setiyadi mengungkapkan, bus ini memiliki keunggulan waktu tempuh lebih cepat karena melewati rute jalan bebas hambatan. Bus Trans Sumatera, kata dia, akan melewati Jalan Tol Trans Sumatera. Sedangkan bus Joglosemar bakal melalui ruas Tol Trans Jawa.

Armada ini disebut eksklusif lantaran menawarkan pelayanan premium. Kendaraan yang dioperasikan PO mesti memiliki spesifikasi khusus berupa air suspension. Tingkat kesejukan ruangan dalam armada pun tak boleh kurang dari 22 derajat Celcius.

Adanya angkutan anyar rute Joglosemar dan Trans Sumatera diharapkan bakal mendorong minat masyarakat terhadap transportasi darat. Armada ini juga digadang-gadang mampu mengerek peningkatan frekuensi bus yang dioperasikan oleh PO-PO eksisting.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi