Inilah 3 Provinsi dengan Penjualan Mobil Terbesar 2018
Reporter: Antara
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 29 Maret 2019 12:23 WIB
Suzuki Ertiga Sport di GIIAS Surabaya 2019. 29 Maret 2019. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Surabaya - Gaikindo menyebutkan, penjualan mobil tak lagi terpusat di Pulau Jawa. "Penjualan mobil dan otomotif sudah merata. Dan dari hasil pengamatan ada dua gerbang industri mobil, yakni Timur dan Barat," kata Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi di Surabaya, Jawa Timur, Kamis 28 Maret 2019.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada jumpa pers penyelenggaraan pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019 di Surabaya, ia mengatakan untuk gerbang timur adalah Surabaya dan Makasar, sedangkan barat adalah Jakarta dan Medan.

"Jatim sangat penting sebagai pintu gerbang masuk Indonesia Timur dan didampingi Makasar. Sedangkan pintu gerbang barat adalah Jakarta dan Medan," katanya.

Baca: GIIAS 2019 Surabaya: Pengunjung Wanita Bisa Gratis Masuk Pameran

Meratanya penjualan otomotif di Indonesia, kata dia, lebih dikarenakan upaya pemerintah saat ini yang lebih peduli dengan industri mobil, salah satu indikasinya dengan membangun banyak infrastruktur untuk mobil seperti jalan tol.

"Presiden Jokowi saat ini paling peduli dengan industri mobil, karena banyak membangun infrastruktur untuk mobil," katanya.

Meski telah merata, kata dia, secara presentase penjualan mobil di Pulau Jawa masih mendominasi dengan kisaran 82 persen, dan di luar Jawa, 18 persen.

Secara rinci, urutan pertama di Pulau Jawa didominasi Jawa Barat, lalu DKI Jakarta kemudian Jawa Timur.

Baca: GIIAS 2019: Mobil Rusia Siap Menjajal Pasar Indonesia

Oleh karena itu, ia optimistis penyelenggaraan GIIAS 2019 yang diawali dari Surabaya akan tetap ramai dikunjungi masyarakat karena telah menyebarnya penjualan mobil secara nasional.

ANTARA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi