Beberapa Penyebab Sepeda Motor Ngempos Tak Ada Tenaga
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 20 April 2019 11:55 WIB
Seorang montir memperbaiki sepeda motor pelanggan di bengkel, Meruya, Jakarta, 21 Juni 2017. Pemudik sepeda motor mempersiapkan motornya untuk mudik ke kampung halaman pada Lebaran H-4. TEMPO/Fajar Januarta
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ketika sepeda motor terasa tidak ada tenaga, gas dibejek dalam namun terasa ngempos. Ini tanda-tanda kompresi pada mesin mengalami kebocoran. Tak hanya ngempos atau tak bertenaga, konsumsi bahan bakar makin boros, mesin gampang ngelitik, dan gas buang baunya tajam dan pedih di mata.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Tips Menghindari Ngantuk Saat Nyetir

Kompresi yang bocor juga bisa membuat mesin motor mati tiba-tiba saat dikendarai, dan susah untuk dihidupkan kembali. Jika masalah dibiarkan berlarut-larut, maka kebocoran kompresi akan berpengaruh pada kinerja komponen lainnya, dan meningkatkan risiko turun mesin.

Seperti dikutip dari laman Suzuki, kompresi motor bocor disebabkan banyak hal, diantaranya usia pakai motor yang sudah terlalu tua. Biasanya, motor berusia 5 tahun ke atas sangat rentan mengalami kebocoran kompresi, apalagi jika motor tersebut digunakan terus menerus.

Ada beberapa penyebab utama kompresi mesin motor bocor, mulai dari setingan klep yang terlalu rapat. Biasanya ini disebabkan karena pemilik motor memilih bengkel yang kurang profesional dan hanya mengandalkan feeling untuk mengukur kerapatan klep. Solusinya, atur kembali klep motor Anda sesuai dengan ukuran standarnya.

Baca: Simak Tip Memaksimalkan Penggunaan Jas Hujan Kresek

Kemudian, ring piston sudah aus dan harus segera diganti. Bisa juga disebabkan karena cylinder comp bermasalah, bisa karena belah, atau boring yang cacat. Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah, ganti dengan komponen yang baru. Selanjutnya, paking atau karet seal klep sudah mulai getas. Solusi terbaik ganti parking atau karet seal klep dengan yang baru. Drat busi yang sudah slek juga bisa jadi penyebab kompresi bocor.

Pemilik motor sebaiknya membawa kendaraan ke bengkel resmi. Di sana, terdapat banyak mekanik terlatih yang siap membantu mengatasi masalah motor, termasuk memberi saran komponen pengganti terbaik yang bisa digunakan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi