Harga Honda Civic Estilo Bisa Tembus Rp 500 Juta, Wajib Orisinil
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 24 April 2019 13:36 WIB
Honda Estilo milik Dito keluaran 1995 dengan warna kuning. TEMPO/Pribadi Wicaksono
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Yogyakarta - Honda Civic Estilo menjadi buruan kolektor di Indonesia. Wakil Ketua Umum Indonesian Civic Estilo (ICE), Pramudita alias Dito memprediksi jumlah unit mobil hatchback keluaran tahun 1992-1995 itu di Indonesia hanya dikisaran 500-an unit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Toyota Agya Bisa Sekeren Ferrari, Biaya Modif Seharga Mobil

“Yang paling diburu kolektor saat ini adalah Estilo yang kondisinya full orisinil, yang jelas bukan bekas balapan, drag, atau modifikasi,” ujar Dito kepada Tempo Senin 22 April 2019.

Honda Estilo dengan kondisi orisinil dalam artinya seluruh komponen merupakan asli bawaan saat Estilo pada sisi interior, eksterior masih baik dan mesin belum diutak atik. “Rata-rata pemilik Estilo sudah meng-overhaul (turun mesin atau rekondisi) semua untuk memperbaiki performa, semua bagian direfresh,” ujarnya.

Honda Estilo milik Dito keluaran 1995 dengan warna kuning. TEMPO/Pribadi Wicaksono

Dito menuturkan susah menemukan Honda Estilo yang masih orisinil karena mobil itu di masa jayanya kerap dimodifikasi dengan bawaan tampang yang sudah bernuansa sporty. Mesin pun kadang ikut diganti menjadi lebih besar. Apalagi banyak sekali pabrikan menyediakan mesin racing khusus Estilo seperti B16, B18, B20, seri K, yang sekarang lazim ditanam di Estilo. Varian mesin yang bisa ditanamkan pada Estilo ini masih cukup banyak di pasaran alias tidak susah dicari. “Modifikasi Estilo kerap menggunakan konsep swap engine (ganti mesin orisinil dengan seri lain),” ujarnya.

Honda Estilo orisinil dengan kondisi istimewa akan dihargai kolektor dengan rentang harga Rp 300-500 jutaan. Tergantung juga sang pemilik seberapa rela melepas unit langka itu. Tingkat kemulusan Estilo dan kondisinya yang terawat baik akan semakin melambungkan harganya.

Baca: Toyota Starlet Bisa Tampil Lebih Muda dengan Modif, Ini Biayanya

Terlebih jika mobil itu pemakaiannya masih dalam kondisi kilometer rendah atau dikisaran 25.000 kilometer ke bawah. Estilo sendiri saat dirilis di Indonesia hanya ada satu varian. Sedangkan Estilo dengan kondisi apa adanya harganya berkisar Rp 60-70 jutaan.

Menurut Dito, keberadaan Estilo masih sangat diuntungkan dengan masih adanya Honda Genio karena mengusung komponen hampir sama. Sehingga bisa saling tanam jika terjadi kerusakan salah satu bagian.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi