Pikap Chevrolet Tua Kustom Jadi Incaran Kolektor, Harga Selangit
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 14 Juni 2019 15:14 WIB
Chevrolet Cameo 1955 kustom iini terjual dengan harga US$143.000 (sekitar Rp 2 miliar) pada tahun 2013. Barrett-Jackson.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Di awal tahun ini di Arizona Amerika Serikat, Chevrolet K10 4X4, sebuah pickup-truck keluaran tahun 1969, yang telah direstorasi dan dimodifikasi terjual dengan harga US$137.500 (sekitar Rp 1,9 miliar) di sebuah acara pelelangan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tak kalah mengesankannya, pickup truck Chevrolet klasik lainnya yang dikenal masyarakat dengan ketangguhan dan desainnya – juga telah  terjual dengan harga yang lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan semakin meningkatnya  minat terhadap model-model ini. 

Pickup truck antik Chevrolet cukup populer di kalangan para kolektor, bahkan menyaingi tipe muscle car,” ujar Craig Jackson, Chairman and CEO of Barrett-Jackson Auction Company dalam keterangan resmi yang diterima Tempo, Jumat, 14 Juni 2019.

“Fenomena yang sangat menarik adalah ternyata para kolektor cenderung memburu kendaraan yang dinilai unik dan sangat berbeda. Muscle car yang menjadi kendaraan koleksi adalah mobil-mobil yang dinilai setimpal antara kualitas produk dan harganya. Sementara pickup truck antik yang paling menjadi incaran para kolektor adalah jenis pickup truck yang telah seluruhnya dikastem dan elemen desain yang unik serta pengerjaan kastem dengan kualitas tinggi merupakan kriteria yang penting bagi mereka.”

Baca juga: Mobil Lawas Chevrolet Ditawar Rp 500 Juta, Hanya Dibalas Senyum

Di dunia kendaraan kolektor, “angka yang tepat” untuk menggambarkan nilai sebuah kendaraan adalah ketika di kendaraan tersebut masih dijumpai  banyak komponen utama yang asli. Namun ketika   faktor ini menjadi penting dalam menilai sebuah Chevrolet Corvette atau Camaro muscle car, tetapi kriteria tersebut tidak terlalu berpengaruh dalam kategori vintage pickup-truck.

Pickup truck klasik yang dimodifikasi, seperti Chevrolet 3100, Apache, Cameo dan model C/K keluaran tahun 1950-70an, merupakan sebuah tren yang muncul di dalam dunia kendaraan kolektor sebagai cara praktis untuk memasuki pasar kolektor mobil klasik. 

Salah satu daya tarik pickup truckklasikChevroletadalahkesempatanmengkastempickup truck sesuai selera dan impian Anda,” ujar Sandor Piszar, Marketing Director Chevrolet Trucks.

“Sebuah pickup truck mudah ditemukan dengan hargayang relatif rendah, namun  tidak demikian dengan biaya pengerjaan modifikasi bodi, sasis, danpeningkatanperforma kendaraan yang nyaris tanpa batas. Dalam hal ini, tidak salah jika pickup truck Chevrolet merupakan pilihan yang tepat bagi para kolektor dari berbagai usia,” tambahnya. 

Ketangguhan pickup truck klasik Chevrolet juga menjadi magnet  bagi para kolektor mobil di tanah air. Salah satunya adalah Danny B. yang juga gemar mengkoleksi pickup-truck. 

Saya dari dulu memang sudah senang dengan pickup truck milik Chevrolet karena ketangguhan mesin Chevrolet jika dibandingkan dengan brand-brand lainnya, bahkan sampai saat ini saya masih memakai mesin enam silinder in-line maupun yang V-8.

Selain itu, saya masih memiliki kendaraan Chevrolet keluaran tahun 1946 hingga 1972 yaitu Art Deco Series, Advance Series, Task Force Series tipe 3100, C10 Series. Chevrolet pickup keluaran 1957 yang saat ini saya miliki telah di restorasi ulang dengan memakai spare parts semua orisinil dan kembali seperti baru keluaran pabrik GM.” ujar Danny B., kolektor mobil dan pemilik Chevrolet Apache 1958.

Baca juga: Mobil Chevrolet Caprice Bintang di Furious 7 Dijual Murah

Chevrolet pickup 1957 ini pertama ditemukan Danny dalam keadaan bodi utuh dengan chassis original dan dengan minimal keropos di bodi karena plat yang cukup tebal. Hanya mesin saja tidak hidup dan perlengkapan aksesories hanya sisa seadanya. "Saya melakukan restorasi dan modifikasi selama dua tahun penuh, terutama bagian  suspensi, bodi dan mesin yang masih sama 6 silider dan semua perlengkapan aksesories dan spareparts orisinil masih tersedia di Amerika,” ujarnya.

Fakta memang menunjukkan bahwa pickup truck Chevrolet yang telah berusia puluhan tahun masih sangat layak digunakan. Hal ini mencerminkan komitmen General Motors untuk memproduksi kendaraan berkualitas tinggi.

Saat ini, semua kendaraan Chevrolet termasuk double cabin Colorado diproduksi dengan menggunakan prinsip dan prosesGM’s global Built-In Quality guna memastikan ketangguhan dan keandalan kendaraan. 

Desain khas Amerika yang nampak jelas turut memperkuat daya tarik pickup trucChevroletHal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukan bahwa desain eksterior merupakan hal terpenting saat konsumen ingin membeli sebuah kendaraan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi