Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menyalakan AC Mobil
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 24 Agustus 2019 10:19 WIB
Ilustrasi tombol AC Mobil. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAC mobil memberikan kenyamanan, tanpa perangkat tersebut tentunya kabin akan terasa gerah. Menyalakan AC memang hanya tinggal pencet atau geser knob, namun tidak semua pengemudi menyalakan AC mobil dengan cara yang benar. Salah-salah karena caranya tak tepat, malah membuat suhu di dalam kabin menjadi tambah panas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Suhu panas di dalam kabin mobil sudah pasti tidak nyaman dan bisa memperlambat reaksi pengemudi saat berkendara. Kalau kabin di dalam mobil memanas sampai 35 derajat Celcius, reaksi pengendara akan berkurang 20 persen ketimbang berkendara di kabin dengan suhu 25 derajat Celcius.

Seperti dikutip dari laman Suzuki, ada beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan. Kesalahan yang paling sering dilakukan pengemudi saat menyalakan AC adalah langsung menyetel AC ke suhu paling dingin sesaat setelah ia masuk ke dalam kabin mobil. Padahal yang dengan memasang suhu paling dingin justru akan membuat udara panas yang disirkulasi dalam kabin mobil.

Cara yang tepat dan efektif agar kabin mobil agar cepat dingin adalah membuka pintu dan kaca terlebih dahulu kurang lebih 1 menit saja, untuk menunggu semua sistem mobil tersambung. Setelah 1 menit, tutup semua pintu dan jendela, kemudian nyalakan AC sampai ke suhu pengaturan paling dingin.

Lalu, kisi-kisi AC sebaiknya tidak langsung diarahkan ke pengendara dengan tujuan agar cepat dingin. Cara itu justru bisa membuat suhu di dalam kabin mobil menjadi tambah panas. Sebaiknya arahkan kisi-kisi AC bisa ke bagian atap supaya udara dingin lebih merata tersebar ke seluruh kabin. Kalau mobil sudah dilengkapi dengan pengaturan AC secara otomatis, fitur tersebut bisa kita manfaatkan. Dengan memakai sistem Auto, kabin akan tetap terasa dingin dan sirkulasi udara dari luar masih terus berlangsung sehingga kaca tidak akan tampak berembun.

Terakhir, jangan lupa juga untuk mengecek secara rutin kondisi AC mobil agar bisa bekerja secara optimal. Pengecekan bisa dilakukan ke bengkel resmi atau bengkel langganan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi