Tips Cek AC Mobil Agar Tidak Bermasalah Usai Libur Panjang Imlek 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 12 Februari 2024 09:00 WIB
Kabin Toyota GR Yaris RZ Kalle Rovanper Edition. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Komponen AC mobil menjadi bagian yang penting saat menggunakan mobil Toyota saat plesiran ke luar kota, usai liburan lanjang momen Imlek. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketika cuaca sedang panas, AC bekerja mendinginkan kabin supaya seluruh penumpang merasa nyaman. Namun ketika hujan turun, AC mobil wajib tetap dinyalakan supaya penumpang tidak kegerahan dan kaca mobil tidak berembun.

“Saat liburan Imlek, jaga kondisi AC mobil supaya tetap optimal mengingat kondisi cuaca yang tak menentu, apakah itu panas Terik sampai kondisi hujan deras. Dibutuhkan AC supaya tetap nyaman dan kaca mobil tidak berembun,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin, 12 Februari 2024.

Untuk itu, perhatikan tips ringan ini agar AC tidak bermasalah dan mengganggu mobilitas setiap hari apalagi usai menjalani libur Imlek 2024.

1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Selama perjalanan liburan Imlek, kotoran dan debu dapat masuk dengan mudah ke dalam mobil. Belum lagi kotoran yang terbawa oleh alas kaki penumpang. Keadaan akan semakin buruk ketika ada penumpang yang makan di dalam kabin sehingga remahan dan kotoran semakin banyak.

Masalahnya, evaporator AC memanfaatkan udara dari kabin mobil untuk didinginkan. Kalau di dalam mobil kotor, ada kemungkinan kotoran seperti debu ikut terisap ke evaporator. Jelas berbahaya bagi kesehatan dan berpotensi merusak evaporator.

Pemilik mobil wajib mencegah penumpukan kotoran di evaporator. Jika dibiarkan kotor bahkan lembap, ada risiko karat tumbuh dan membuat evaporator bocor. Hal ini berefek pada kualitas pendinginan yang menurun dan merembet pada kerusakan lainnya.

2. Cek Kondisi Komponen AC Sepulang Liburan

Hal yang patut dilakukan pasca liburan panjang Imlek, adalah segera bersihkan kabin sepulang liburan Imlek, khususnya dek depan sebagai jalur masuk udara ke evaporator dan filter kabin.

3. Cek Filter Kabin

Cek kondisi filter kabin atau filter AC yang bertugas menyaring udara yang diisap oleh evaporator. Filter kabin yang kotor akan menghambat aliran udara dan terpenting adalah membawa debu yang akhirnya menempel di permukaan evaporator.

Kotoran dapat membuat AC mobil tidak dingin dan memicu penyakit pernapasan akibat udara AC yang kotor. Lingkungan sekitar evaporator yang lembap, akan mempercepat proses korosi dan timbulnya bibit penyakit.

Jangan pernah membersihkan filter kabin dengan udara bertekanan karena akan merobek materialnya. Cukup ketuk perlahan supaya kotorannya terbuang.

4. Perhatikan Kondisi Kondensor AC

Kondensor AC punya peluang kotor yang tinggi lantaran terletak di belakang gril mobil. Gunakan air bertekanan untuk meluruhkan debu dan kotoran yang menempel.

Namun untuk arah semprotan harus sejajar dengan sirip kondensor untuk menghindari kerusakan sirip tersebut.

5. Periksa Freon AC Mobil

Freon AC pada prinsipinya bersirkulasi di area yang tertutup, jadi sangat kecil kemungkinan habis. Kondisi AC yang tidak terawat dapat membuat kebocoran sehingga perlahan freon habis. Untuk itu, pastikan volume freon tetap penuh dan tidak ada kebocoran di sistem.

6. Inspeksi Kondisi Kompresor AC

Berada di ruang mesin yang panas dan kotor, kompresor punya tugas penting memompa cairan refrigerant untuk mendinginkan kabin mobil. Pemilik mobil harus mengeceknya dari risiko kebocoran pada sambungan selang dan oli kompresor.

Periksa pula tegangan sabuk pemutar kompresor dari kemungkinan longgar atau potensi putus. Dengarkan kalau ada suara aneh dari komponen kompresor AC sebagai penanda masalah seperti kompresi menghilang atau magnetic clutch rusak.

7. Servis Berkala Solusinya

Selain menjaga kebersihan kabin bersama filter kabin dan kondensor, praktis sulit bagi AutoFamily yang awam untuk melakukan perawatan komponen AC mobil lainnya. Silakan berkunjung ke bengkel untuk pengecekan AC sewaktu servis berkala setelah libur panjang Imlek. Dengan begitu, AC mobil selalu terjaga prima dan mampu bekerja optimal di saat kondisi panas maupun hujan.

“Dengan begitu, kesejukan kabin tetap terjaga, komponen AC mobil lebih awet, dan penumpang terhindar dari penyakit dan bau tidak sedap. Silakan order servis berkala via situs resmi Auto2000 atau kunjungi langsung Cabang Auto2000 terdekat, dan manfaatkan promo menguntungkan yang kami tawarkan,” sambung Nur Imansyah Tara.

Pilihan Editor: Simak 5 Kebiasaan yang Membuat Cat Mobil Rusak

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi