Simak 5 Kebiasaan yang Membuat Cat Mobil Rusak
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 22 Januari 2024 11:26 WIB
Ilustrasi bengkel resmi Suzuki. (Dok. Suzuki Indonesia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kerusakan di bagian cat mobil seringkali disebabkan oleh hal-hal yang sepele. Hal seperti ini sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja karena tampilan cat yang rusak bisa membuat estetika mobil jadi menurun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terdapat banyak faktor yang bisa merusak tampilan cat di mobil Anda. Biasanya warna cat akan jadi pudar dan mengelupas karena hal-hal tersebut.

Tanpa sadar, banyak orang justru melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak cat itu sendiri karena mereka tidak paham. Berikut ini beberapa jenis kebiasaan yang bisa merusak tampilan cat di bodi mobil dikutip dari Suzuki.co.id.

1. Parkir di Tempat Terbuka

Kebiasaan parkir di tempat terbuka bisa merusak tampilan cat di bodi mobil. Apalagi jika cukup sering melakukannya atau bahkan setiap hari. 

Memarkir mobil di tempat terbuka akan membuat bodi mobil terpapar sinar matahari. Panas sinar matahari ini bisa merusak cat di bagian bodi mobil. Apalagi jika berlangsung terus-menerus dan cuaca cukup panas. 

Tidak hanya berbahaya saat cuaca panas, namun parkir di tempat terbuka juga berbahaya jika sedang turun hujan. Saat turun hujan, terjadi perubahan suhu yang cukup ekstrim dari panas ke dingin dan hal ini bisa berpengaruh di mobil.

2. Pakai Selimut Mobil Anti Air

Cover yang tahan air biasanya akan menahan lembab di antara cover dan permukaan bodi mobil. Situasi lembap ini akan bertahan terus-menerus dan terciptalah lingkungan yang ideal bagi jamur. 

Saat jamur sudah terlanjur tumbuh di permukaan bodi mobil, maka cat bisa mengalami kerusakan. Hal ini akan bertambah parah jika tidak menyadarinya dan tetap memakai cover tersebut. 

3. Parkir di Bawah Pohon

Seringkali pengendara memilih parkir di bawah pohon karena teduh dan terhindar dari sinar matahari, padahal hal ini juga berbahaya. 

Saat parkir di bawah pohon, mobil Anda bisa saja kejatuhan daun-daun maupun ranting. Belum lagi jika ada banyak hewan seperti burung yang ada di atas pohon. Kotoran-kotoran tersebut bisa mendarat di bodi mobil dan merusak catnya. 

4. Lap Mobil dengan Kain Kotor

Kebiasaan yang satu ini juga seringkali tidak disadari oleh para pemilik mobil. Banyak orang yang ternyata terbiasa mengelap bodi mobil mereka menggunakan kain atau lap kotor. 

Permukaan lap yang kotor bisa saja penuh dengan debu dan partikel yang kasar. Kotoran dan partikel kasar tersebut bisa meninggalkan goresan pada bodi mobil lalu merusak bagian catnya. 

5. Cuci Mobil dengan Sembarang Sabun

Penyebab lain yang bisa merusak cat mobil adalah kebiasaan mencuci dengan sembarang sabun. Kandungan kimia pada sabun dapat merusak dan mengikis cat. 

Pilihan Editor: Mercedes-Benz Suri Motor Indonesia Layani Perbaikan Body & Painting

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi