4 Tips Menghindari Jamur dan Karat pada Bodi Mobil
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 15 November 2022 12:00 WIB
Kaca mobil basah karena kehujanan bila tidak segera dibersihkan akan berpotensi menimbulkan jamur. (Foto: Astra Peugeot)

GOOTO.COM, JakartaBodi mobil cukup rentan mengalami jamur dan karat ketika memasuki musim hujan. Maka tak heran jika para pemilik kendaraan diminta untuk melakukan perawatan ekstra ketika hujan melanda.

Pasalnya air hujan mengandung kadar asam yang dinilai dapat merusak keawetan mobil. Kadar asam pada air hujan itu disebut-sebut bakal menimbulkan parasite atau jamur yang bisa muncul di bagian bodi atau kaca.

“Jamur dan karat, tak hanya bisa membuat tampilan mobil kurang sedap dipandang, tetapi juga bisa membuat komponen kendaraan menjadi lebih cepat rusak,”kata Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.

Dalam kesempatan ini redaksi Gooto.com bakal memberikan 4 tips menghindari jamur dan karat pada bodi mobil ketika memasuki musim hujan. Berikut ulasannya, dilansir dari Auto2000 pada hari ini, Selasa, 15 November 2022:

  1. Pilih Lokasi Parkir

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah memilih lokasi parkir dengan atap. Dengan begitu nantinya mobil Anda tidak akan terkena terpaan curah hujan secara langsung. Lalu pada musim panas, kendaraan juga tidak terpapar langsung dari sinar matahari.

  1. Rutin Cuci Mobil

Pemilik kendaraan tidak disarankan untuk membiarkan air hujan terlalu lama menempel pada bodi mobil. Anda diminta untuk mencuci mobil atau menyemprot dengan air bersih agar tidak ada jamur yang menempel.

Selain bagian bodi mobil, pemilik mobil juga wajib membersihkan bagian kolong. Karena jika dibiarkan begitu saja, maka kandungan air hujan bisa menyebabkan karat pada komponen mobil Anda.

  1. Cek Kondisi Cat Mobil

Pada tips ketiga, Anda diminta untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi cat mobil. Pastikan jika cat mobil tidak ada yang terkelupas. Karena dengan celah itu karat bisa saja muncul pada tubuh kendaraan.

  1. Hindari Serangga dan Getah

Terakhir, tips yang bisa dilakukan oleh para pemilik kendaraan adalah menghidari serangga dan getah pada mobil Anda. Saat melakukan perjalanan panjang, pastikan jika bodi mobil terbebas dari bekar benturan serangga atau getah pepohonan. Apabila noda itu muncul, maka sebaiknya cepat-cepat dibersihkan dengan sabun.

Baca Juga: Bentrok dengan Verstappen di Formula 1 Brasil, Ini Kata Lewis Hamilton

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Bodi Mobil
#Tips
#Jamur
#karat
#Mobil
#Air Hujan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi