6 Tips Menghilangkan Baret pada Bodi Mobil
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 20 September 2022 11:07 WIB
Bagian belakang Mobil Honda City milik Yana (43), yang baret akibat menyeret seorang mahasiswa pengendara sepeda motor di Polres Cimahi, Jawa Barat, 2 Maret 2015. TEMPO/Aditya Herlambang Putra

GOOTO.COM, Jakarta - Para pemilik mobil kemungkinan tidak asing lagi dengan masalah baret. Apalagi dengan kondisi jalanan yang macet, potensi baret bisa lebih besar karena jarak antara satu pengendara dengan pengendara lain cukup dekat.

Masalah baret atau goresan pada bodi mobil dapat terjadi karena kesalahan mengemudi maupun parkir. Hal tersebut membuat tampilan kendaraan roda empat jadi kurang enak dipandang.

Dalam kesempatan ini redaksi Gooto.com merangkum beberapa tips untuk menghilangkan baret pada bodi mobil. Berikut ulasannya, dilansir dari Suzuki hari ini, Selasa 20 September 2022:

  1. Pakai obat nyamuk cair

Tidak hanya untuk menghilangkan nyamuk saja, tetapi obat nyamuk cair juga bisa menghilangkan baret pada bodi mobil. Karena bahan yang terkandung di dalam obat nyamuk cair dapat menghilangkan lapisan baret.

Cara penggunaannya, Anda tinggal tuangkan cairan tersebut ke atas lap berbahan halus yang kering. Kemudian usap bagian bodi mobil yang baret secara perlahan dengan gaya memutar hingga merata. Setelah itu tunggu selama 15 hingga 20 detik lalu bilas.

  1. Menggunakan kompon

Kompon merupakan bahan kimia yang mampu membersihkan goresan mobil dengan cara mengikis sampai goresan tidak terlihat. Langkah pertama, Anda bersihkan bagian yang baret dengan air untuk menghilangkan berbagai kotoran. Kemudian bersihkan dengan lap hingga kering. Setelah itu, poles bagian yang tergores menggunakan kompon.

  1. Menghilangkan dengan pasta gigi

Tidak hanya berfungsi sebagai bahan untuk membersihkan gigi, ternyata pasta gigi juga ampuh dalam membersihkan baret mobil. Cara menghilangkannya, pertama basahi kain dengan air bersih lalu tuangkan pasta gigi secukupnya sesuai dengan seberapa lebarnya goresan.

Kemudian, Anda dapat menggosok bagian bodi mobil yang baret hingga merata. Pastikan Anda menggosoknya dengan gerakan melingkar supaya hasil polesannya rata. Selama goresannya tidak parah, Anda dapat menggunakan cara ini.

  1. Melakukan cat ulang

Mengecat ulang merupakan salah satu cara untuk menghilangkan baret mobil yang dalam. Sebenarnya pengecatan mobil dapat dilakukan di bengkel, akan tetapi tidak jarang juga yang mampu mengecat mobilnya sendiri. Jika melakukannya sendiri, Anda perlu berhati-hati karena hal ini tidak mudah.

  1. Dengan minyak rem

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menuangkan minyak rem ke kanebo kering. Berikan minyak rem sesuai dengan kebutuhan saja. Setelah dituang Anda dapat mengoles ke permukaan mobil yang baret secara merata.

Menghilangkan baret mobil menggunakan minyak rem sebenarnya tidak sulit. Hanya saja Anda perlu berhati-hati karena sifat minyak rem sangat keras. Jika terjadi kesalahan, dikhawatirkan tampilan mobilnya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan.

  1. Dengan tipe wax

Menghilangkan baret dengan menggunakan tipe wax hanya dapat dilakukan jika goresan yang terjadi merupakan goresan halus. Terdapat dua jenis tipe wax, yaitu tipe wax dalam bentuk padat dan cair. Wax cair dapat membuat goresan terlihat lebih samar karena bahannya yang bersifat abrasif.

Ketika menggunakan wax cair, Anda harus berhati-hati karena jika menggosoknya terlalu keras, maka akan menyebabkan goresan semakin bertambah. Sedangkan untuk wax padat tidak memiliki kandungan bahan abrasif, jadi aman untuk Anda gunakan.

Baca Juga: 4 Risiko Memaksakan Mobil Menerjang Banjir

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Bodi Mobil
#Tips
#Mobil
#Obat Nyamuk
#Pasta gigi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi