Tips Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin pada Musim Panas
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 5 Oktober 2023 11:00 WIB
Berkendara mobil. (Foto: Auto2000)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Meski telah memasuki bulan Oktober, nyata Indonesia masih dilanda musim panas. Kondisi panas berkepanjangan ini tentu memberikan efek negatif di komponen kendaraan, yaitu filter kabin. Padahal filter kabin bertugas untuk menyaring udara yang dipakai dalam sirkulasi AC mobil dan menjaga kebersihan evaporator AC mobil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Filter kabin atau filter AC bertugas untuk menyaring udara di dalam kabin mobil yang didinginkan oleh AC mobil. Jika kotor, akan membuat penumpang tidak nyaman. Termasuk, membuat evaporator cepat rusak sehingga pendinginan kabin tak optimal,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara dalam siaran persnya.

Selanjutnya, evaporator bertugas mendinginkan udara yang dipakai untuk menyejukkan kabin mobil. Namun jika sirip-sirip evaporator kotor akibat filter kabin tidak dijaga kebersihannya, maka aliran udara akan terganggu sehingga sistem pendingin menjadi tidak optimal dan kabin terasa panas.

Perawatan berkala mobil di bengkel Toyota. (Foto: Auto2000)

Selain itu, spora dan jamur yang tersedot ke dalam saluran AC mobil memanfaatkan lingkungan lembab di evaporator yang kotor untuk berkembang biak. Nantinya secara perlahan, jamur tumbuh ke bagian lain kabin mobil yang akan menimbulkan bau tidak sedap dan menjadi sumber penyakit.

Adapun tang tidak kalah penting, evaporator yang kotor dan lembab akan memicu timbulnya karat. Kalau sudah parah, karat akan merusak pipa evaporator dan membuatnya bocor. Tidak ada yang bisa dilakukan selain mengganti satu set evaporator baru.

Sebaiknya para pemilik mobil tetap menjaga kebersihan kabin mobil, terutama area kaki penumpang depan yang biasanya terdapat saluran untuk mengisap udara ke filter kabin. Sebelum berkendara pastikan karpet mobil selalu bersih, termasuk bagian lain kabin supaya kotoran tidak tercampur dengan udara dari AC mobil.

Selain itu, lakukan servis berkala setiap 6 bulan atau 10 ribu km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, untuk mengganti filter kabin.

Pilihan Editor: Tips Mengemudi Mobil Hemat BBM

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi