Covid-19 Bisa Menular Melalui AC Mobil, Begini Cara Menanganinya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Jobpie Sugiharto
Selasa, 15 Juni 2021 14:37 WIB
AC Mobil (Pexel/Antara)
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa penularan Covid-19 dapat terjadi akibat percikan air liur di udara (airborne). Maka virus Corona bisa menyebar melalui AC mobil.

Melansir laman resmi Auto2000 harim Selasa, 15 Juni 2021, AC mobil menganut sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin, udara yang telah didinginkan diembuskan kembali via kisi AC di dasbor atau blower di atap.

Melihat kondisi itu sangat perlu membersihkan pendingin alias AC mobil untuk mencegah penularan Covid-19.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut cara menjaga kebersihan AC mobil untuk mencegah penularan Covid-19 menurut Auto2000:

1. Menjaga Kebersihan Filter Kabin ACFilter kabin AC mobil memiliki fungsi penting untuk membersihkan udara dari kabin mobil yang akan didinginkan kembali. Pengemudi wajib memastikan filter ini bekerja optimal.

Jika filter kabin AC tidak berfungsi optimal, kotoran yang terbawa ke dalam sistem AC akan ikut diembuskan ke dalam kabin mobil.

2. Pastikan Evaporator BersihEvaporator juga harus dipastikan bersi karena bagian ini berfungsi mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk diembuskan kembali melalui kisi AC mobil.

Pipa evaporator rawan jamur, bakteri, dan virus karena bagian ini lembab dan kotor, terutama jika pengemudi lupa mengganti filter kabin AC mobil.

3. Jaga Kebersihan Kokpit MobilBagian kokpit mobil perlu dibersihkan setiap pagi, khususnya pada bagian dasbor, konsol tengah, dan panel pintu menggunakan pembersih interior yang ramah lingkungan.

Kemudian bersihkan juga lantai dan karpet di bagian penumpang depan karena sebagian besar udara di wilayah kursi tersebut digunakan oleh sistem AC mobil.

4. Buka Jendela Secara BerkalaPengemudi mobil wajib membuat udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara luar. Caranya, buka edikit jendela selama 2 hingga 3 menit setiap satu jam sekali.

Pengendara juga dapat memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC mobil untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

5. Pakai Masker di Dalam MobilPengemudi dan penumpang mobil wajib menggunakan masker walau di dalam mobil, terutama jika penumpang tidak tinggal serumah.

Baca: Perhatikan Perawatan AC Mobil Atau Mobil Anda Jadi Sarang Bakteri

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi