Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Cikarang-Cirebon Tembus 29,34 Kpl
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 27 Agustus 2019 22:58 WIB
All New Suzuki Ertiga melintas di tol Jakarta-Cikampek, Selasa, 27 Agustus 2019. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Cikarang - PT Suzuki Indomobil Sales mengajak jurnalis media nasional untuk menjajal All New Suzuki Ertiga dengan start dari pabrik Suzuki di Cikarang, menuju Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat. Jarak tempuh 184 kilometer. Total delapan unit All New Ertiga, termasuk Ertiga Sport diuji melalui tol Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan, dan keluar di Cirebon.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hasilnya, mobil teririt adalah Ertiga bertransmisi otomatis dengan konsumsi bahan bakar 29,34 kilometer per liter. Mobil tersebut diisi oleh jurnalis dari Tempo, Aftermarketplus.id dan Otoblitz. Sedangkan Ertiga teririt untuk transmisi manual diraih dengan capaian 25,34 kilometer per liter.

Direktur Pemasaran PT SIS Donny Saputra mengatakan bahwa kegiatan test drive All New Suzuki Ertiga ini sebagai ajang edukasi bagi masyarakat bahwa eco driving bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

"Ini bukan hanya berlaku untuk Suzuki, tapi juga merek lain. Dengan eco driving, konsumsi bahan bakar bisa ditekan," kata Donny di sesaat sebelum melepas peserta test drive di Pabrik Suzuki di Cikarang, Bekasi, Selasa, 27 Agustus 2019.

Donny menjelaskan bahwa test drive ini menggunakan metode full to full. Saat start, seluruh mobil diisi dengan bahan bakar penuh lalu tutup bensin disegel dengan stiker khusus. Di kabin, tombol pengatur AC di bagian depan (dashboard) dan di atas atap kursi baris kedua (double blower) juga disegel dengan posisi AC menyala.

Simak video test drive All New Suzuki Ertiga rute Cikarang-Cirebon: 

"Kami ingin mobil ini diuji layaknya penggunaan harian. AC menyala, tidak boleh lambat, ya seperti digunakan sebuah keluarga yang seperti sedang wisata ke luar kota," ujar Donny.

Saat di jalan tol, mobil juga harus mematuhi peraturan lalu lintas, melaju dengan kecepatan tidak boleh di bawah 60 kilometer per jam (batas minimum kecepatan saat melaju di jalan tol). Tempo secara konstan memacu mobil dengan kecepatan 65-70 kilometer per jam dengan jarum rpm berada di angka 1.500-1.800.

Saat berangkat pada pagi hari pukul 9.06 WIB, peserta test drive sempat terjebak kemacetan begitu masuk pintu tol menuju Cikampek. Kira-kira 10 menit, lalu lintas lancar hingga di Cirebon.

Suzuki Ertiga merupakan produk yang bermain di segmen Low Multi-Purpose Vehicle (Low MPV), bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Honda Mobilio, dan Wuling Confero.

Suzuki Ertiga yang diekspor ke sejumlah negara ini menggunakan mesin bensin 1.5L empat silinder 16 katup dengan kode K15B. Mesin berkubikasi 1.462 cc ini mampu menghasilkan tenaga 77 kW pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi