Motor Listrik Yamaha di Tokyo Motor Show 2019 Sekencang Lexi 125
Reporter: Wawan Priyanto
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 24 Oktober 2019 09:57 WIB
Motor listrik Yamaha E01 debut di Tokyo Motor Show, 23 Oktober 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Panggung utama booth Yamaha di Tokyo Motor Show 2019 di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, dimeriahkan dengan debut skuter listrik mini Yamaha E01 dan E2. Yamaha juga menyertakan fasilitas pengisian ulang baterai untuk kedua motor ini. Kedua skuter itu setara skuter konvensional bermesin 125cc seperti Yamaha Lexi 125 dan 50cc.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yamaha E01 merupakan skuter bertenaga listrik murni yang diklaim sebagai model komuter perkotaan yang praktis. Yamaha menjanjikan bahwa skuter listrik E01 lebih praktis dan nyaman untuk penggunaan sehari-hari dibanding skuter konvensional.

Bukan itu saja, dari pantauan Tempo, desain E01 juga terlihat lebih sporty dengan warna abu-abu strip kuning di beberapa sisi, jok landai, dan pijakan kaki yang menawarkan posisi berkendara lebih santai.

Desain bagian belakang skuter listrik Yamaha E01 tampak lebih sporty. Motor ini diperkenalkan di Tokyo Motor Show di Tokyo Big Sight, Jepang, 23 Oktober 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.

Kemungkinan model konsep ini tidak akan jauh berbeda jika nanti masuk jalur produksi. Skuter ini kemungkinan juga akan dilengkapi dengan semua teknologi terkini mulai dari ABS, konektivitas Bluetooth, kluster instrumen digital, hingga kompatibel dengan smartphone.

Tetapi yang paling penting dari semua itu adalah baterai yang bisa diganti atau battery swap. Nah, soal ini bukan menjadi masalah besar bagi Yamaha. Pabrikan Jepang ini juga menerapkan battery swap pada skuter listrik EC-05 yang dijual di Taiwan.

Yamaha memang belum merilis spesifikasi detail tentang sosok E01, namun diperkirakan motor ini memiliki tenaga 10PS jika mengacu pada klaim mereka yang setara motor konvensional 125cc.

Selanjutnya adalah Yamaha E02 yang diklaim setara motor konvensional bermesin 50cc.

Sama seperti E01, E02 juga diklaim sebagai sepeda komuter listrik generasi yang dirancang untuk mobilitas pribadi di perkotaan. Hanya saja bentuk bodi E02 lebih kecil dibanding E01. Bobot motor listrik ini diklaim ringan dengan keunggulan baterai yang mudah dilepas. Sama seperti E01, Yamaha belum merilis spesifikasi lengkap soal motor ini.

Sebagai gambaran, di Taiwan, motor Yamaha EC-05 memiliki power 8,7PS. EC-05 dilengkapi baterai lithium 18.650 dengan kemampuan jelajah sekitar 110 kilometer sekali pengisian daya.

Skuter listrik ini bisa digeber dengan keepatan hingga 45 kilometer per jam. EC-05 dilengkapi motor listrik 6.400 watt yang bisa mencapai kecepatan puncak hingga 90 kilometer per jam (di beberapa negara di Eropa kecepatan ini biasanya dibatasi hingga maksimum 45 kilometer per jam). Motor listrik ini juga sanggup memberikan dorongan dari 0 hingga 50 kilometer per jam dalam waktu 3,9 detik.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi