Daihatsu Rocky Punya Saudara Kembar, Namanya Toyota Raize
Reporter: Wira Utama
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 30 Oktober 2019 10:24 WIB
Toyota Raize (life30on)

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota Motor Corporation (TMC) dikabarkan akan meluncurkan SUV kompak bernama Toyota Raize pada November 2019. Ini adalah kembaran dari Daihatsu Rocky yang diperkenalkan di pembukaan pameran Tokyo Motor Show ke-46 pada 23 Oktober 2019.

Dari sejumlah bocoran yang dihimpun Tempo, model kembar ini akan diluncurkan di Jepang pada 5 November 2019.

Sama seperti model kembar Toyota-Daihatsu lainnya, kedua model ini juga akan berbagi panel bodi, mesin, dan interior.

Toyota Raize (life30on)

Seperti dilansir dari Autocar India, walaupun memiliki banyak kesamaan, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky tetap memiliki karakter berbeda.

Toyota Raize memiliki gril trapezodial besar dengan sisipan mesh yang membuatnya tampak lebih mirip Toyota RAV4. Lampu kabut dan lampu LED Toyota Raize ditempatkan lebih tinggi di atas gril. Adapun kesamaan antara kedua mobil ini adalah desain lampu utama.

Selain itu, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize juga mendapat velg 17 inci chunky. Meski begitu, kedua velg tersebut memiliki desain yang berbeda. Toyota semdiri diperkirakan akan menambah daftar aksesoris pada Raize yang mencakup berbagai body kit dan desain velg termasuk paket TRD dengan gaya agresif dan sporty.

Toyota Raize (life30on)

Di bagian interior, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize juga akan berbagi desain dasbor. Seperti bit aluminium faux brushed pada ventilasi AC dan setir. Keduanya juga akan mendapatkan kokpit seperti pusat konsol driver-sentris bersama dengan layar infotainment 8,0 inci.

Meskipun belum ada keterangan resmi untuk dimensi Toyota Raize. Namun diperkirakan, tak jauh beda dengan Daihatsu Rocky. Ya, Rocky sendiri memiliki panjang 3.995mm, tinggi 1.695mm, lebar 1.620mm, dan memiliki jarak sumbu roda 2.525mm.

Model SUV kompak ini diperkirakan merupakan generasi terbaru dari Daihatsu Rocky. Dipamerkan di Tokyo Motor Show 2019. Tokyo, Jepang, 25 Oktober 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.

Kedua SUV didasarkan pada platform DNGA fleksibel Toyota yang ditujukan untuk pasar negara berkembang. Platform ini pada dasarnya adalah versi murah dari arsitektur modular TNGA canggih. Toyota juga akan menjual SUV Raize dengan varian 4WD dan penggerak roda depan standar.

Interior SUV yang diperkirakan generasi terbaru dari Daihatsu Rocky tampil modern. Tokyo, 25 Oktober 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.

Dari sisi mesin, Toyota Raize akan disematkan mesin bensin turbo-katup 1,0-liter, tiga-silinder, 12-katup. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 98hp pada 6.000 rpm dan torsi 140,2 Nm pada 2.400-4.000 rpm. Adapun pilihan gearbox, diprediksi akan hadir dengan versi manual enam percepatan dan versi CVT.

Untuk diketahui kedua mobil ini juga menjalani debut di Tokyo Motor Show 2019.

Video Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show 2019:

#Daihatsu Rocky
#Toyota Raize
#Toyota Rush
#Daihatsu Terios

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi