Inilah Teknologi 5G Pirelli pada Ban Mobil
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 21 November 2019 16:41 WIB
Lamborghini Centenario dipamerkan dalam pameran Jenewa Motor Show ke-86 di Swiss, 1 Maret 2016. Masalah kaki-kakai, Centenario menggunalan velg 20 inchi pada bagian depan, dan 21 inchi di belakang yang dibalut dengan ban Pirelli Pzero. REUTERS
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Teknologi terus berkembang termasuk pada ban. Perkembangan terbaru datang dari Pirelli dimana para insinyurnya telah meracik ban 5G pertama yang terhubung di dunia. Sekarang ada ban 5G yang terkoneksi setara teknologi pada ponsel pintar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ban tersebut disebut sebagai Pirelli Cyber Tyre. Pengembangan tyre tersebut sebagai hasil kolaborasi antara tim Pirelli dan mitra lainnya termasuk Audi, Ericsson, KTH, dan Italdesign. Data yang dirilis oleh Pirelli menunjukkan bagaimana ban 5G yang diaktifkan akan menggunakan teknologi agar terhubung dengan mobil dan perangkatnya.

Ban adalah bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, sehingga berpotensi untuk memahami topografi lebih baik daripada komponen mobil lainnya. Cyber Tyre memiliki sensor internal yang merekam detail seperti kilometer, beban dinamis, traksi tersedia dari permukaan jalan dan lain sebagainya. Kemudian, melalui teknologi 5G, ban akan mentransmisikan data ini ke perangkat mobil.

 

Mobil dan pengemudi karenanya akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengubah pengaturan mobil atau gaya mengemudi, sesuai kebutuhan permukaan jalan. Karena ban juga akan terhubung ke jaringan, yang akan meneruskan informasi penting ini tentang kondisi jalan ke mobil / pengguna lain, sehingga meningkatkan keselamatan keseluruhan untuk orang lain juga.

Contohnya ketika ada 2 mobil menggunakan ban Cyber 5G Pirelli yang aktif. Mobil pertama melewati, dan ban menyadari bahwa ada banyak air, yang dapat mengakibatkan hydroplaning. Informasi tersebut diteruskan ke ban mobil di belakang, dan dengan demikian mobil ke-2 melambat. Yang paling mudah, ban ini menerapkan TPMS, yang merupakan singkatan dari Sensor Pemantau Tekanan Ban.

 RUSHLANE

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi