Suzuki Ertiga Cross Diperkirakan Meluncur Awal 2020
Reporter: Wira Utama
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 25 Desember 2019 13:43 WIB
Suzuki XL6 resmi diluncurkan di India, harga termurah setara Rp196 Juta. (Foto/India Today)

GOOTO.COM, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales atau SIS masih irit bicara seputar rencana model baru untuk tahun 2020. Namun salah satu produk yang diduga kuat akan hadir yakni Suzuki XL7 atau Suzuki XL6 yang telah resmi mengaspal di India. Rumor yang berkembang, XL7 versi Indonesia akan menjadi model Suzuki Ertiga Crossover. Model ini akan diproduksi di Pabrik Suzuki di Cikarang, pada Januari atau Februari 2019.

Rumor itu sempat mencuat pada saat Tempo mengikuti sesi test drive Suzuki Ertiga beberapa bulan lalu dengan rute Pabrik Suzuki (Cikarang) menuju Cirebon. 

Suzuki XL7 pada dasarnya adalah Suzuki XL6. Penamaan XL7 itu terkait dengan karakter masyarakat Indonesia yang lebih gandrung dengan mobil 7 kursi.

Suzuki XL7 tak lain adalah Ertiga versi Crossover alias SUV. Mobil ini nantinya akan berada di segmen Low SUV, bersaing dengan Mitsubishi Xpander Cross dan Honda BR-V, serta duo Toyota Rush-Daihatsu Terios.

Suzuki XL7 diprediksi akan hadir dengan dimensi yang lebih besar. Suzuki XL7 yang dikabarkan akan menggunakan basis Suzuki Ertiga itu diperkirakan akan meluncur awal tahun depan atau sekitar Januari - Februari 2020. Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Direktur Marketing Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra terkesan menghindar. Soal ini, dia lebih memilih untuk tak berkomentar banyak.

"Wah gak bisa komentar soal XL7, nanti akan kami share kalau ada (Februari) memang ada," ujar di Kawasan SCBD beberapa hari lalu.

Di India, Suzuki XL6 dibekali mesin bensin 1,5 liter dengan teknologi hybrid ringan. Mesin itu lalu dikawinkan ke gearbox manual 5 percepatan atua gearbox otomatis 4-speed converter. Di atas kertas, mesin ini sanggup menghasilkan 103 hp dan torsi 138 Nm.

Masuk ke kabin, Suzuki XL7 mendapatkan unit infotainment SmartPlay Studio dengan tampilan layar sentuh 7,0. Sistem itu juga kompatibel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Peralatan lain yang ditawarkan termasuk kontrol iklim otomatis, kontrol jelajah, ventilasi AC belakang, lamlu DRL LED, dan tersedia juga tombol start / stop.,Dari sisi keamanan, Suzuki XL7 atau XL6 memiliki air bag depan ganda, ABS denga EBD sensor parkir belakang, sistem peringatan kecepatan, dan pengingat sabuk pengaman untuk pengemudi dan co-driver.

Suzuki XL6 diklaim lebih mewah dibanding Suzuki Ertiga yang saat ini dipamerkan. Interiornya sudah dibalut kulit berkualitas tinggi. Oleh karena itu, layak ditunggu apakah Suzuki Ertiga Luxury atau Suzuki XL7.

#Suzuki Ertiga
#Ertiga Cross
#Suzuki XL6
#Suzuki XL7
#Mitsubishi Xpander
#Xpander Cross
#Toyota Rush

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi