Meriah di Segmen SUV, dari KIA Seltos, MG ZS, hingga Nissan Kicks
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 16 Januari 2020 06:41 WIB
KIA Seltos (KIA Motors)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Kreta Indo Artha, agen pemegang merek KIA di Indonesia, akan meluncurkan SUV kompak pada 20 Januari 2020. Model itu adalah KIA Seltos, yang akan bersaing dengan Honda HR-V, Chevrolet Trax, Suzuki S-Cross, Mazda CX-3, Toyota C-HR, Hyundai Kona, Mitsubishi Outlander Sport, dan Nissan Juke.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain Seltos, di segmen ini ada beberapa rumor yang belakangan semakin santer. Satu yang terbaru adalah rencana masuknya Morris Garage ke Indonesia dengan membawa MG ZS. Juga ada Nissan Kicks yang akan mengisi segmen di bawah Nissan X-Trail. Bakal semakin seru persaingan di segmen ini yang sebulan rata-rata penjualannya sekitar 2.000-3.000 unit.

KIA Seltos (KIA Motors)

KIA SeltosKIA Seltos juga akan masuk dibawa PT Kreta Indo Artha (KIA), agen pemegang merek KIA di Indonesia. Ini adalah model KIA pertama yang diluncurkan di Indonesia setelah keberadaannya di Tanah Air diambil alih Indomobil tahun lalu. Dari undangan yang diterima Tempo, model ini akan meluncur pada 20 Januari 2020. Seltos akan menjadi rival Honda HR-V, menggunakan mesin 1,4 liter turbo. Kemungkinan besar akan diluncurkan dalam dua varian dengan harga sekitar Rp 400 jutaan.

MG ZS (MG Cars)

MG ZSMG ZS Kemungkinan menggunakan mesin 1.500 cc dan didatangkan langsung dalam bentuk completely built up (CBU) dari Thailand. Model ini beberapa kali tertangkap kamera sedang diuji di jalanan di Indonesia. Kemungkinan besar meluncur di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2020.

Toyota Raize (Toyota Global)

Toyota RaizeBelum ada konformasi apapun dari PT Toyota Astra Motor soal rumor masuknya Toyota Raize. “Maaf, kami belum bisa berkomentar untuk produk baru 2020,” kata Anton Jimmi Suwandy, dalam berbagai kesempatan.

Toyota Raize merupakan kendaraan compact SUV yang akan mengisi segmen di antara Toyota Rush dan Toyota C-HR. Model ini berpeluang menjadi rival terberat Honda HR-V yang selama ini mendominasi segmen compact SUV. Bahkan rumonya model ini akan diproduksi secara lokal di Indonesia.

Menariknya, model ini kemungkinan akan mengusung mesin 1.0 liter turbo yang sudah diuji oleh Daihatsu, anak perusahaan Toyota, beberapa waktu lalu. “Hasil pengujian mesin 1.0 liter turbo di Indonesia bagus,” kata Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu lalu. Amelia sendiri memastikan bahwa Daihatsu Rocky, kembaran Toyota Raize, belum akan masuk ke Indonesia tahun ini. 

Nissan Kicks. (nissan-global.com)

Nissan KicksGurihnya pasar SUV juga membuat PT Nissan Motor Indonesia untuk mendatangkan salah satu model terlarisnya di segmen compact SUV. Model itu adalah Nissan kicks yang posisinya berada di bawah Nissan X-Trail. Nissan Kicks memiliki opsi mesin 1,5 liter dan 1,6 liter, tapi di Indonesia kemungkinan besar akan menggunakan mesin 1,5 liter. Bisa saja menggunakan mesin yang sama dengan yang dipakai Nissan Livina, kembaran Mitsubishi Xpander. Model ini kemungkinan besar akan didatangkan dari Thailand yang merupakan basis produksi Kicks untuk wilayan ASEAN. Harganya? Perkiraannya sekitar Rp 300 juta hingga Rp 400 juta.

Suzuki XL6 resmi diluncurkan di India, harga termurah setara Rp196 Juta. (Foto/India Today)

Suzuki XL7/Suzuki Ertiga CrossLow SUV cukup meriah. Diisi sejumlah pemain yang merupakan turunan dari model-model di segmen Low MPV. Di segmen ini, model terbaru yang bakal dirilis adalah Suzuki XL7 atau Suzuki Ertiga Cross yang diperkirakan meluncur pada pertengahan Februari. Model ini akan mengisi segmen Low SUV, berkompetisi dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, dan DFSK Glory 560.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berdasarkan penjualan wholesales November 2019, Toyota Rush memimpin penjualan di segmen ini dengan angka 5.001 unit, disusul Terios dengan angka 2.527 unit, Xpander Cross (932 unit),  BR-V (284 unit), dan Glory 560 (96 unit). Jika Suzuki Ertiga Cross masuk, model ini akan meramaikan pasar Low SUV yang sebulan sekitar 8.000-10.000 unit.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi