6.523 Unit Kia Sonet Terjual di Hari Pertama Peluncuran
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 22 Agustus 2020 20:33 WIB
Kia Sonet (Kia Motors India)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - SUV Kia Sonet debut di India pada 7 Agustus 2020. Sejak itu, pemesanan mulai dibuka melalui dealer dan website perusahaan secara online dengan down payment atau uang muka Rs. 25.000 atau setara Rp 5 juta. Media lokal seperti rushlane dan carandbike, Jumat, 21 Agustus 2020, melaporkan bahwa pemesanan Kia Sonet di India sangat tinggi. Di hari pertama peluncuran, total pemesanan Kia Sonet mencapai 6.523 unit. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kia Sonet merupakan SUV dengan platform modern yang diproduksi di pabrik Kia Motors India di Anantapur, Madhya Pradesh. Model ini memiliki 5 tempat duduk dengan dimensi panajng 3.995 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.647 mm serta jarak sumbu roda 2.500 mm. SUV mungil ini memiliki ground clearance 211 mm dan tanki bensin berkapasitas 45 liter. Meski Sonet mengisi segmen Low SUV, tapi dibekali dengan beragam fitur serta teknologi canggih yang umumnya ada di mobil-mobil premium. Misalnya, layar sentuh berukuran jumbo, 10,25 inci, konektivitas yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, Bose premium 7-speaker system, Smart Pure Air Purifier yang dilengkapi virus protection, dan sebagainya. Kia Sonet (Kia Global)Sonet dibekali mesin dan transmisi yang sama dengan Hyundai Venue. Yakni mesin 1,2 liter bensin dan 1.0 liter turbo (T-GDI) bensin, dan 1,5 liter diesel. Mesin 1,2 liter bensin akan dibekali transmisi manual 5-percepatan, sedangkan 1,5 liter diesel dibekali transmisi manual 6-percepatan dan otomatis. 

Sedangkan mesin 1,0 liter turbo dilengkapi transmisi otomatis  7-percepatan dual clutch (DCT) dan transmisi manual 6-percepatan intelligent manual transmission (iMT).

Sekadar informasi, Kia Sonet diposisikan di bawah Kia Seltos yang telah dipasarkan di Indonesia sejak awal tahun. Kia Seltos dipasarkan dalam tiga varian dengan harga Rp 295 juta, Rp 320 juta, dan termahal Rp 355 juta. Harga tersebut merupakan on the road untuk DKI Jakarta.

Dari daftar harga Seltos itu, dan kisaran harga di India, sangat mungkin Kia Sonet akan dibanderol dengan harga di bawah Rp 250 juta. Model ini akan bertarung dengan Suzuki Ignis di segmen crossover entry level. Ignis dijual dengan harga mulai Rp 171 juta hingga Rp 200 juta (on the road DKI Jakarta). Kia Sonet beberapa tampak sedang diuji di jalanan yang diguna di Jakarta. Kemungkinan besar model ini akan meluncur di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week pada November 2020. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi