Lama Tak Dipakai, Ini Pentingnya Menghidupkan Mesin Motor 3 Menit
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 9 Mei 2020 12:03 WIB
Ilustrasi aki atau baterai sepeda motor. (AHM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTips merawat motor kali ini adalah merawat komponen utama yang perlu dijaga adalah aki atau baterai. Komponen yang menyimpan energi listrik ini berperan penting dalam menghidupkan mesin motor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Agar aki motor tetap memiliki kualitas yang baik, berikut 4 saran dari PT Astra Honda Motor (AHM) dalam melakukan perawatan aki motor. Pertama rutin memanaskan mesin sepeda motor di rumah. Hal ini dapat dilakukan secara berkala yakni sehari sekali, untuk menjaga kualitas aki maupun mesin sepeda motor.

"Dengan kondisi sekarang, para pemilik sepeda motor sebaiknya memanaskan sepeda motornya selama 3-4 menit untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan," kata Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 8 Mei 2020.

Adanya pemasangan aksesoris atau part modifikasi yang menggunakan energi listrik, perlu diperhatikan saat melakukan pemasangan dengan memastikan sumber arus listrik yang akan digunakan. Jika modifikasi seperti lampu, klakson ataupun part yang membutuhkan kelistrikan, kata dia, perlu menambahkan sekring tersendiri.

"Itu untuk menghindari korsleting atau terputusnya arus listrik pada sepeda motor," ujarnya.

Kemudian, untuk pemilik sepeda motor yang menggunakan aki basah, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap jumlah debit air aki. Ya, aki memiliki tanda batas jumlah debit air aki atau yang disebut upper lower. "Periksa jumlah debit air aki, jika debit air kurang maka diharuskan melakukan penambahan air aki sebatas garis upper yang tertera pada aki basah,"ujarnya.

Endro melanjutkan, aki yang mengalami masalah seperti soak bukan berarti harus diganti batu. Namun perlu juga dicek sistem pengisian daya listriknya. Bisa saja penyebabnya kata dia, ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki. Untuk itu pemilik motor perlu memperhatikan sistem pengisian daya tersebut.

Terakhir, jika ada kendala pada sepeda motor Anda, khususnya yang bermerk Honda tak perlu khawatir. Di masa PSBB seperti seakrang ini AHM bekerja sama dengan jaringan main dealer Honda, siap memberikan pelayanan di seluruh Indonesia melalui jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi