Lihat Begini Iritnya BBM New Suzuki Ignis Terbaru
Reporter: Antara
Editor: Jobpie Sugiharto
Sabtu, 15 Agustus 2020 15:20 WIB
New Suzuki Ignis GL 2020. (Suzuki Indonesia)

GOOTO.COM, JakartaPada semester pertama 2020, Suzuki Indomobil Sales (SIS) merilis Suzuki Ignis versi terbaru, mobil perkotaan yang diklaim efisien bahan bakar minyak atau BBM sebagai salah satu keunggulannya.

Meski mungil, mobil itu menghasilkan tenaga 83 PS pada 6.000 rpm, torsi 113 Nm pada 4.200 rpm. New Suziki Ignis hadir dalam dimensi 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm, menggunakan mesin K12M, 4 silinder 16 Katup berkapasitas 1.197 cc.

Jumat lalu, 14 Agustus 2020, Antara menjajal performa dan keiritan BBM mobil New Suzuki Ignis tipe GX bertransmisi AGS (Auto Gear Shift) pada rute Jakarta-Bogor-Jakarta sejauh 110 kilometer.

Pada saat dibawa di jalan tol dalam kota yang macet dan cara berkendara "stop and go", Suzuki Ignis terbaru mencatatkan konsumsi BBM rata-rata 18,2 km/liter berdasarkan data pada layar multi-information display (MID).

Lain halnya ketika mobil itu dibawa pada jalanan lancar dengan kecepatan rata-rata 110 km/jam, keiiritannya bisa mencapai 22,3 km/liter. Padahal, pendingin ruangan hidup untuk menyejukkan empat orang penumpang.

Tentunya konsumsi bahan bakarakan boros atau irit juga tergantung cara mengemudi yang berbeda tiap orang dan kondisi kepadatan arus lalu lintas di jalanan yang dilalui.

Menurut MID, hasilnya berbeda jika pengujian bahan bakar menggunakan metode full-to-full, yakni menghitung konsumsi bensin berdasarkan bensin yang diisikan dari posisi tanki penuh.

Dalam metode full-to-full, jumlah liter dihabiskan dibagi dengan jarak tempuh (km) untuk menghasilkan persentasi konsumsi bahan bakar.

Faktor menarik selain membuktikan apakah Suzuki Ignis boros bensin, adalah kesenyapan ruang kabin dan kenyamanan suspensi.

Dimensinya yang kompak dengan radius putar 4,7 meter membuat mobil pesaing Honda Brio RS, Hyundai i10, dan KIA Picanto tersebut terasa sangat lincah saat dikendarai.

#Suzuki Ignis
#BBM

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi