Toyota GR Yaris Sudah Dipasarkan di Jepang, Harga Mulai Rp 368 Juta
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 6 September 2020 07:31 WIB
Toyota GR Yaris 2020 (Toyota Global)

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota RG Yaris mulai dijual di Jepang pada 4 September 2020. Untuk merayakannya, Toyota Gazoo Racing akan menggelar kegiatan virtual GR Yaris Online Fes pada 16 September mendatang mulai pukul 19.30 waktu setempat. 

Acara ini akan mengupas tentang sejarah pengembangan GR Yaris dan juga informasi tentang GR Factory. Yang membuat acara ini semakin sepsial adalah Presiden Toyota Motor Corp., Akio Toyoda, dengan nama yang sering dia gunakan di ajang balap 'Morizo' akan mengendarai GR Yaris dan menawarkan kesempatan pengalaman menggunakan Virtual Reality (VR). 

Presiden Toyota Motor Corp, Akio Toyoda, di balik kemudi Toyota GR Yaris 2020. (Toyota Global)

GR Yaris merupakan model yang lahir dengan DNA motorsport, terutama di kejuaraan reli dunia (World Rally Championship). Pengembangannya mobil ini dilakukan oleh Toyota Gazoo Racing World Rally Team (WRT), menggabungkan kendaraan yang nyaman digunakan sehari-hari dan juga kompetitif di ajang WRC. 

Berdasarkan keinginan master driver Morizo untuk "mengembalikan mobil sport Toyota", GR Yaris baru diciptakan sebagai kendaraan Toyota pertama yang dikembangkan dengan konsep terbalik yaitu mengubah mobil sport menjadi mobil produksi.

Interior Toyota GR Yaris RZ High Performance. (Toyota Global)

Fitur utama dari GR Yaris baru dibagi dalam tiga poin. Pertama adalah pengemasan kendaraan dengan memperhatikan aerodinamika, bobot ringan, dan kekakuan tinggi. Kedua dalah tenaga tinggi dari mesin turbo intercooler tiga silinder segaris 1,6 liter yang baru dikembangkan dikombinasikan dengan "GR-FOUR", sistem 4WD sport yang baru dikembangkan, untuk mengalirkan tenaga ke keempat roda. Ketiga adalah dibuat dari tiga model berbeda yakni basis "RZ", fun to drive "RS" (1.5 liter FF), dan "RC" berbasis kompetisi.

Selain itu, GR Yaris diproduksi di Pabrik Motomachi, menempati jalur produksi eksklusif untuk mobil sport Toyota. 

Toyota menargetkan penjualan GR Yaris di Jepang sebanyak 1.100 unit setiap bulan. Di Jepang, model ini juga bisa dimiliki dengan model berlangganan KINTO One. Layanan yang juga sudah diperkenalkan di Indonesia. 

Berikut ini tiga varian Toyota GR Yaris yang ditawarkan:Harga estimasi 2,650,000 yen to 4,560,000 yen(setara Rp 368 juta hingga Rp 633,3 juta kurs saat ini 1 yen = Rp 138)

VarianMesinTransmisiPenggerakHarga(Yen Jepang)
RSM15A-FKS (1.5-liter in-line three-cylinder)Direct Shift-CVTFF2,650,000
RCG16E-GTS (1.6-liter in-line three-cylinder intercooler turbo)6-speed manual transmission(iMT)4WD ("GR-FOUR" sports 4WD system)3,300,000
RZ3,960,000
 "High performance"4,560,000

 

#Toyota GR Yaris
#GR Yaris
#Toyota Yaris
#Toyota

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi