Toyota GR Yaris Rally 1 Hybrid Diharapkan Kuasai Podium WRC Meksiko 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 13 Maret 2023 09:47 WIB
Toyota GR Yaris Rally 1 Hybrid. (Foto: Toyota Gazoo Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - WRC Meksiko 2023 yang akan digelar 16-19 Maret mendatang, Toyota Gazoo Racing sudah menetapkan target tinggi Toyota GR Yaris Rally 1 Hybrid kuasai podium kemenangan. Merupakan seri ketiga FIA WRC 2023 kali pertama digelar di benua Amerika sejak tahun 2020 absen.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di WRC Meksiko 2023 ini juga merupakan seri dengan lintasan gravel pertama kali di musim ini, tentunya cuaca sangat menantang para pereli dengan temperatur mencapai 30 derajat celcius. Sangat kontras berbanding di Rallye Monte-Carlo dan reli Swedia dijumpai salju di lintasan.

Lintasan seri ketiga ini akan memanfaatkan kawasan dataran tinggi Guanajuato dan sekitaran kota Leon. Etape yang disiapkan adalah jalur menanjak hingga ke titik tertinggi sekitar 2.700 di atas permukaan laut. Tentunya dataran tinggi ini hanya memiliki sedikit udara yang berpengaruh terhadap kemampuan mesin hingga 20 persen.

Namun berkat adanya motor listrik akan sangat membantu berikan tendangan kuat akselerasi 100kW atau setara 134 hp di mobil Toyota GR Yaris Rally 1 Hybrid. Selain itu sistem pendinginan juga akan sangat dibutuhkan.

Toyota Gazoo Racing berharap bisa memetik podium kemenangan lagi seperti tiga tahun lalu ketika Toyota GR Yaris masih digeber oleh Sebastien Ogier. Pereli asal Prancis ini telah memenangkan enam kali di seri Meksiko. 

Reli ini akan berlangsung sekitar 400 km barat laut dari Kota Meksiko. Penggemar lokal yang selalu antusias akan melihat langsung etape pembukaan yang populer di kota bersejarah Guanajuato pada Kamis malam. Ketika setiap pembalap akan melakukan dua kali putaran. melalui jalan berbatu dan terowongan pertambangan tua.

Tiga etape dilakukan bolak-balik di perbukitan Guanajuato pada hari Jumat dimulai dengan tes El Chocolate yang sudah dikenal. Hari itu diakhiri dengan dua etape super spesial dalam perjalanan kembali ke service park di León, termasuk tes Las Dunas baru yang akan dikendarai empat kali sepanjang akhir pekan. 

Sabtu berfokus pada pegunungan Sierra de Lobos ketika satu putaran lagi dari tiga tahapan panjang akan dijalankan dua kali. Final hari Minggu menampilkan empat etape berbeda, dengan Las Dunas diikuti oleh tes terpanjang di akhir pekan: Otates sepanjang 35,39 kilometer. Dua etape terakhir menampilkan bagian-bagian yang sudah dikendarai dua kali dalam tes Derramadero hari Sabtu, dengan Power Stage yang mengakhiri reli untuk menyelesaikan lompatan eponymous El Brinco.

Tim akan berharap untuk mengulangi terobosan pertama kemenangan reli Meksiko yang dicapai pada kunjungan terakhirnya tiga tahun lalu mengandalkan Sébastien Ogier.

Pembalap Prancis ini memiliki total enam kemenangan sebelumnya di Meksiko – sebuah rekor bersama – termasuk di masing-masing dari tiga kunjungan terakhir WRC dan akan kembali ke susunan tim untuk melakukan start keduanya di tahun 2023, menyusul kemenangannya di Rallye Monte-Carlo di Januari.

Dia bergabung dengan pembalap tim Kalle Rovanperä dan Elfyn Evans untuk dinominasikan mencetak poin pabrikan, dengan Takamoto Katsuta melakukan debutnya di Meksiko di mobil keempat dengan dukungan Program TGR WRC Challenge.

Baca juga: Tercepat di Tes Pramusim MotoGP 2023, Francesco Bagnaia: Tak Bisa Jemawa

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi