Toyota GR Yaris Rally2 Sudah mendapatkan Homologasi dari FIA
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 4 Januari 2024 17:20 WIB
Toyota Gazoo Racing World Rally Team (TGR-WRT) mengabarkan bahwa mobil untuk kompetisi Toyota GR Yaris Rally2 mendapat homologasi dari FIA. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota Gazoo Racing World Rally Team (TGR-WRT) mengabarkan bahwa mobil untuk kompetisi Toyota GR Yaris Rally2 telah mendapat homologasi dari Fédération Internationale de l'Automobile (FIA).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Toyota Gazoo Racing (TGR) sebelumnya sudah mengikuti FIA World Rally Championship [WRC] dengan GR Yaris Rally1 hybrid, FIA World Endurance Championship [WEC] dengan GR010 hybrid dan FIA World Rally Raid Championship [W2RC] dengan DKR Hilux EVO T1U sebagai aktivitas motorsport, dan juga telah mengembangkan GR Supra GT4 untuk mempromosikan pembuatan 'mobil yang lebih baik' melalui aktivitas motorsport pelanggan.

Toyota GR Yaris Rally2 dikembangkan untuk mengumpulkan para penggemar reli global untuk ikut kejuaraan nasional dan juga siap untuk internasional.

Chairman Toyota yakni Akio Toyoda, yang dikenal juga sebagai ‘Morizo’, berharap mobil ini akan menjadi langkah pertama dalam membangun jembatan antara kendaraan motorsport dan kendaraan produksi melalui kompetisi reli – sesuatu yang dapat berkontribusi untuk meningkatkan pasar reli di seluruh dunia.

Diberikannya sertifikat homologasi, pendistribusian Toyota GR Yaris Rally2 kini dapat dimulai ke pelanggan di seluruh dunia. Mobil perdana dijadwalkan akan dikirimkan ke ROOKIE Racing, dipimpin oleh Morizo, sementara empat tim akan berpartisipasi di Rallye Monte-Carlo mulai 25-28 Januari dengan Toyota GR Yaris Rally2.

Mobil sport berpenggerak empat roda pertama yang dikembangkan secara eksklusif oleh Toyota selama 20 tahun, GR Yaris diciptakan oleh TGR dengan misi menjadi juara di WRC. Daripada mobil yang dibuat agar TGR menang, GR Yaris Rally2 adalah mobil yang dibuat agar pelanggan bisa menang: ini adalah awal dari tantangan baru kami.

Mobil tersebut melakukan debut publiknya di Reli Jepang pada tahun 2022, ketika Morizo mengambil alih kemudi dan mengukur performanya. Sejak itu, kami menerima banyak masukan dari banyak pengemudi yang telah menguji mobil Rally2 di permukaan dan kondisi berbeda. Lebih dari 15.000 kilometer kompetisi telah ditempuh, termasuk partisipasi dalam Kejuaraan Reli Jepang yang juga berfungsi sebagai pengujian di jalanan Jepang.

Proses pengembangan telah memasukkan umpan balik dari pengemudi profesional terkemuka, pengemudi muda pendatang baru, dan pengemudi pelanggan berpengalaman. Ke depan, masukan yang lebih luas akan dikumpulkan dari pelanggan pesaing motorsport di kejuaraan seperti WRC, membantu mengembangkan perbaikan untuk membuat mobil yang lebih baik.

Pilihan Editor: Ford Puma Hybrid Rally1 akan Digeber Pereli Muda di WRC 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi