Tokyo Auto Salon 2024: Toyota GR Yaris Terbaru Banyak Ubahan
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 12 Januari 2024 17:00 WIB
Toyota GR Yaris terbaru tampil di Tokyo Auto Salon 2024 ada edisi khusus Juara Dunia WRC bisa dibeli. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTokyo Auto Salon 2024 yang digelar hari ini, 12 Januari, sesuai janjinya, Toyota Gazoo Racing menampilkan produk anyar Toyota GR Yaris terbaru. Ahli mesin di Toyota Gazoo Racing, Master Driver, dan profesional balap dan reli telah bekerja sama untuk memperkaya karakter penting Toyota GR Yaris.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam tiga tahun sejak mobil pertama Toyota GR Yaris diluncurkan, upaya intensif telah dilakukan untuk menjadikannya lebih baik: lebih bertenaga, lebih responsif, lebih menarik, dan – percayalah – lebih bermanfaat untuk dikendarai.

Elemen kunci Toyota GR Yaris mencakup evolusi mesin tiga silinder turbocharged terdepan di dunia untuk menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar. Ada tambahan 19 hp menjadi 280 hp dan torsinya ada tambahan 30 Nm menjadi 390 Nm.

Toyota GR Yaris terbaru tampil di Tokyo Auto Salon 2024. (Foto: Toyota)

Terobosan terbaru adalah Toyota Gazoo Racing Direct Automatic Transmission delapan percepatan, dibuat memang biasa digunakan untuk kompetisi. Membuat pengendara bisa lebih fokus hanya ke pedal rem dan gas, karena akan secara cepat transmisi menyesuaikan kondisi jalanan, sehingga lebih responsif menyalurkan ke roda pilihan GR-Four dengan mode Normal, Sport, dan Track.

Mode berkendara Toyota GR Yaris ada tiga pilihan yakni Sport, Normal, dan Eco. Memastikan responsif kemudi, throttle, rem, agresivitas transmisi, hingga tampilan panels instrumen berkendara terasa dan terlihat beda. 

Ketika menggunakan mode Sport, saat menempatkan tuas di D, respons mesin akan lebih agresif, sedangkan untuk mode M memastikan pengendara bisa lebih cepat memindahkan transmisi sesuai kebutuhan. Pengemudi akan merasakan bahwa bekerja dalam rentang putaran dari 4.900 rpm hingga garis merah 7.200 rpm.

Mesin Toyota GR Yaris terbaru tampil di Tokyo Auto Salon 2024. (Foto: Toyota)

Bodi Toyota GR Yaris yang ringan dibuat lebih kaku dengan penambahan titik pengelasan sebanyak 13 persen serta perekat struktural menjadi 24 persen lebih banyak. Membuat pengendalian lebih baik, dan platform GA-B Yaris menggabungkan bagian belakang dari platform GA-C yang lebih kokoh.

Perubahan signifikan telah dilakukan di dalam GR Yaris untuk memberikan nuansa sporty yang autentik pada kokpit pengemudi dengan desain yang sesuai dengan prinsip “driver first” yang mendefinisikan mobil.

Tim GR mengambil masukan dari pembalap dan reli sebagai inspirasi untuk mengatur ulang posisi kontrol dan memberikan akses yang lebih cepat dan lebih jelas kepada pengemudi. 

Kabin banyak ubahan di Toyota GR Yaris terbaru yang tampil di Tokyo Auto Salon 2024. (Foto: Toyota)

Kontrol Toyota GR Yaris yang sering digunakan dalam berkendara kompetisi, seperti intercooler spray, VSC-OFF dan lampu hazard telah didekatkan ke pengemudi sehingga dapat dijangkau dengan cepat dan mudah saat menggunakan racing harness. Di sisi penumpang, baki di panel instrumen dibuat lebih besar sehingga ada ruang untuk dipasangi meteran tambahan atau monitor co-driver.

Bidang pandang pengemudi dari lingkar kemudi telah ditingkatkan dengan mengubah tepi atas panel instrumen sebesar 50 mm, mengubah posisi kaca spion, dan memiringkan panel kontrol 15 derajat lebih jauh ke arah pengemudi.

Instrumen panel Toyota GR Yaris mencakup combimeter digital sepenuhnya 12,3 inci baru dengan dua mode tata letak – normal dan sport. Postur duduk terbaik untuk pengemudi, jok telah diturunkan sebesar 25 mm dan lingkar kemudi disesuaikan. Saat berkompetisi, tuas manual didorong ke atas untuk menurunkan posisi gigi, dan menarik kembali untuk menaikkan gigi. Hal ini berkat masukan dari Master Driver dan Petinggi Toyota Motor Corporation Akio Toyoda alias Morizo.

Toyota GR Yaris terbaru tampil di Tokyo Auto Salon 2024 banyak penyempurnaan detail setelah 3 tahun diperkenalkan. (Foto: Toyota)

Toyota GR Yaris baru memperkenalkan pilihan warna eksterior baru, Precious Metal, selain warna khas yang sudah ada – Emotional Red, Precious Black, dan Super White/Platinum White Pearlescent, yang mewakili warna livery Toyota Gazoo Racing.

Fitur perlengkapan baru mencakup sistem Toyota Safety Sense generasi terbaru, navigasi, dan kunci digital, kamera belakang hingga audio lansiran JBL.

Edisi Khusus Sebastien Ogier dan Edisi Khusus Kalle Rovanpera akan ditawarkan di Tokyo Auto Salon 2024 yang memenangkan Juara Dunia WRC.

Spesifikasi teknis New Toyota GR Yaris:

Panjang (mm)3.995
Lebar (mm)1.805
Tinggi (mm)1.455
Jarak sumbu roda (mm)2.560
Lintasan – depan (mm)1.535
Lintasan – belakang (mm)1.565
Tempat duduk4
Bobot (kg)

1.280

1.300 (Transmisi Otomatis Langsung GAZOO Racing)

Mesin3 silinder segaris dengan turbocharger dan intercooler
JenisG16E-GTS
Diameter x langkah (mm)87,5x89,7
Kapasitas silinder (cc)1.618
Tenaga (hp @ rpm)280/206@6.500
Torsi orsi (Nm @ rpm)390 @ 3.250 – 4.600
TransmisiTransmisi Otomatis Langsung GAZOO Racing 6-percepatan atau 8-percepatan
Penggerak RodaSistem GR-FOUR AWD, kopling multi-pelat elektronik AWD dengan tiga mode yang dapat dipilih
Differential – depan dan belakangTorsen LSD©
Suspensi – depanpenyangga MacPherson
Suspensi – belakangTulang harapan ganda
Rem – depanCakram berventilasi 14 inci (356mm) dengan kaliper 4 pot berlawanan
Rem – belakangCakram berventilasi 11,7 inci (297 mm) dengan kaliper 2 pot berlawanan
PelekAluminium forged BBS 8J
Ban225/40ZR18 Michelin Pilot Olahraga 4S
Kapasitas tangki bahan bakar (liter)50

Pilihan Editor: All-new Toyota C-HR Meluncur di Eropa

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi