Khusus Indonesia, Honda City Hatchback RS Bertransmisi Manual 6 Percepatan
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 3 Maret 2021 21:26 WIB
Honda City Hatchback RS. (Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta -Ada yang menarik dari peluncuran Honda City Hatchback RS di Indonesia. Selain mesin yang berbeda dengan versi Thailand, rupanya untuk transmisi juga berbeda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Large Project Honda City Hatchback of Honda Motor Co, Satoru Azumi, mengatakan bahwa transmisi manual 6 percepatan ada City Hatchback RS didesain khusus untuk konsumen di Indonesia. Tentu saja Honda juga menyediakan pilihan transmisi matik (CVT). 

"Ini yang membedakan dengan City Hatchback versi Thailand. Di sana tidak ada transmisi manual 6 percepatan," kata Azumi usai peluncuran secara virtual, Rabu, 3 Maret 2021.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Honda City Hatchback RS

Satu lagi perbedaan untuk pasar di Indonesia menurut Azumi adalah di sektor kaki-kaki. "Setting suspensi juga berbeda, disesuaikan dengan karakter konsumen muda di Indonesia," ujar dia. 

Honda City Hatchback RS. (Honda)Di sektor mesin, City Hatchback RS ditenagai dapurpacu 1.500 cc 4 silinder segaris DOHC  4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW yang membuat performanya mencapai 121 PS (119,3 HP)/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm. Sementara itu pada Honda Jazz mesinnya berdaya 120 PS(118 HP)/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm.

Baca: HPM Hentikan Produksi Honda Jazz, Digantikan City Hatchback RSAzumi menjelaskan bahwa mesin ini baru dikembangkan oleh Honda khusus untuk City Hatchback. Mesin ini berbeda dengan yang digunakan pada Honda Jazz sebelumnya. “Mesin ini lebih bertenaga. Sebagai contoh, tenaga bisa diraih pada 4.300 rpm, sedangkan pada Honda Jazz 4.600 rpm,” kata Azumi. 

Meter cluster Honda City Hatchback RS. (Honda)

Di Thailand, Honda City Harchback dibekali mesin 1.0L (998 cc) VTEC Turbo 3 silinder. Mesin ini menghasilkan daya 122 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 173 Nm pada 2.000-4.500 rpm. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT). Business Inoovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy mengatakan bahwa perusahaan selama ini telah melakukan studi terkait penggunaan mesin yang cocok untuk konsumen di Indonesia. "Pilihan mesin 1.500 cc ini telah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia melalui studi yang kami lakukan," ujar Billy. Menurut Billy, konsumen di Indonesia menyukai model yang sporty seperti halnya mereka para penggemar Honda Jazz selama ini. "Dan Honda City Hatchback RS memiliki desain yang lebih sporty dibanding Jazz," kata Billy. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi