Kongres Amerika Tunda Keputusan Bantu Pabrik Mobil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 21 November 2008 08:52 WIB

TEMPO Interaktif, Washington: Konggres Amerika Serikat menunda memutuskan akan memberi atau tidak memberi bantuan US$ 25 miliar (Rp 297 triliun) kepada tiga pabrik mobil besar. Kongres baru memutuskan memberi--atau tidak memberi--jika pabrik mobil itu memaparkan program mereka memulihkan industri mobil.

Tiga pabrik mobil besar Amerika--General Motors, Ford Motor Co., dan Chrysler LLC--tidak bisa menjual mobil akibat krisis dan mereka memiliki utang yang besar. Mereka meminta pemerintah memberi dana bantuan kepada mereka.

Kongres serba salah dalam urusan ini. Memberi bantuan bisa dikritik menghamburkan uang rakyat di saat krisis. Tidak memberi bantuan, bisa dituduh membuat pengangguran Amerika bertambah karena pabrik mobil bakal melepas karyawan jika tidak dibantu.

Pada Kamis (20/11), mestinya Kongres akan mengadakan pemungutan suara untuk memutuskan bersedia memberi atau tidak memberi bantuan. Tapi kelompok Partai Demokrat meminta keputusan ini ditunda bulan depan.

Alasannya, pabrik mobil tidak memperlihatkan program apa yang akan dilakukan agar industri tidak ambruk. "Sampai mereka memperlihatkan rencana itu, kami tidak bisa memperlihatkan uangnya," kata anggota Kongres, Nancy Pelosi.Nurkhoiri/AP

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi