Dominique Aegerter Kunci Gelar Juara Dunia WorldSSP 2021 di Argentina
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 18 Oktober 2021 10:57 WIB
Dominique Aegerter. Facebook

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap World Supersport (WordSSP) dari tim Ten Kate Racing Yamaha, Dominique Aegerter, mengunci gelar juara dunia WorldSSP musim ini setelah finis di posisi 5 dan 3 pada Seri Argentina, 16-17 Oktober 2021.

Domi, panggilan akrab Aegerter, total mengumpulkan 381 poin. Angka ini tidak dapat dikejar oleh rival terdekat, Steven Odendaal yang baru mengumpulkan 313 poin. Sedangkan balapan tinggal menyisakan satu seri yakni di Sirkuit Mandalika pada November mendatang.

Sepanjang musim ini, Domi total telah mengikuti 19 race, termasuk di seri Argentina. Pembalap asal Swiss itu mencatat 14 kali podium dengan 10 di antaranya merupakan podium pertama.

Sedangkan rekan satu tim Domi, Galang Hendra Pratama, berada di peringkat 21 klasmen sementara dengan total 24 poin. Galang Hendra tidak tampil di Seri Argentina karena masalah visa. 

Seri ArgentinaRace 1 yang berlangsung pada Sabtu, 16 Oktober 2021, Domi finis di posisi 5. Sedangkan Odendaal di posisi 4. Persaingan keduanya masih cukup sengit ketika itu. Sedangkan juara pertama direbut Jules Cluzel (Yamaha) disusul Manuel Gonzalez (Yamaha), dan Can Oncu (Kawasaki).

Pada Race 2 yang digelar Minggu, 17 Oktober 2021, Domi hanya finis ketiga. Namun, Odendaal terjatuh di Tikungan 1 setelah start. Jatuhnya Odendaal ini yang membuat Domi kemudian tak terbendung untuk menjadi juara dunia WorldSSP musim 2021 kendati balapan masih menyisakan satu putaran lagi.

“Gelar Kejuaraan Dunia pertama sangat menakjubkan untuk diraih! Sulit untuk menyadarinya sekarang, setelah balapan,” kata Domi usai balapan seperti dikutip dari laman resmi WorldSBK.com, 18 Oktober 2021.

“Saya berharap segera dapat merayakannya dengan semua tim, teman, keluarga, dan sponsor saya di rumah. Saya tidak sabar untuk pulang dan melihat mereka; Saya bekerja 31 tahun – atau setidaknya 20, 25 tahun – untuk menjadi Juara Dunia, dan sekarang saya melakukannya.”

Musim Aegerter cukup luar biasa, menjadi rookie ketiga dalam empat tahun yang meraih kemenangan, sekaligus menjadi Juara Dunia Swiss kedua di kelas tersebut, setelah Randy Krummenacher pada 2019.

Aegerter juga mencatat rekor podium dalam satu musim dengan 14, sementara dia menjadi pembalap kedua yang memenangkan setidaknya sepuluh balapan dalam satu musim setelah Andrea Locatelli pada tahun 2020.

Ini juga gelar kesembilan di kelas untuk Yamaha, yang sekarang sejajar dengan Honda, sementara Ten Kate Racing sekarang juga memiliki 83 kemenangan di musim ini. kategori, mengkonsolidasikan status mereka sebagai tim paling sukses di Dunia Supersport.

Seri terakhir WorldSSP akan digelar di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 19-20 November 2021. 

WORLDSBK.COM 

Baca juga: Galang Hendra Bakal Latihan di Sirkuit Mandalika Jelang WorldSSP Seri Terakhir

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Dominique Aegerter
#Galang Hendra
#Galang Hendra Pratama
#Ten Kate Racing Yamaha
#Yamaha
#Sirkuit Mandalika

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi