Efektifkah Penerapan Sesi Jam Masuk GIIAS 2021 dalam Mengurangi Kerumunan?
Reporter: Non Koresponden
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 17 November 2021 15:00 WIB
Booth Audi di GIIAS 2021, ICE, BSD City, Tangerang, 12 November 2021. TEMPO/Dicky Kurniawan

GOOTO.COM, Jakarta - Penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2021) sudah berlangsung selama 6 hari sejak 11 November 2021. Pameran otomotif ini pun mendapat antusias dari para pengunjung.

GIIAS 2021 sendiri diselenggarakan sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan batasan 75 persen dari total pengunjung. Jika dihitung, hanya ada sebanyak 37.500 pengunjung.

Pada Selasa kemarin, 16 November 2021, sampai jam 5 sore sudah terdapat lebih dari 11 ribu pengunjung atau 33 persen dari total kapasitas. Data ini diambil dari aplikasi PeduliLindungi.

Menurut Fony, selaku Public Relations dari acara GIIAS 2021, mengatakan bahwa belum jelas terlihat dari total keseluruhan pengunjung pada hari itu.

Dirinya melihat dan mendata pengunjung secara daring, khususnya dalam aplikasi PeduliLindungi. Pihak acara juga akan membatasi pengunjung dengan pemberlakukan 3 sesi. Sesi pertama diadakan pada pukul 11:00-14:00 WIB, sesi kedua di pukul 14:00-17:00 WIB, dan sesi terakhir di 17:00-20:00 WIB. 

“Kita tetap membatasi pengunjung, terlebih melihat dari aplikasi PeduliLindungi yang diwajibkan. Lalu pengunjung juga hanya bisa masuk ke dalam pameran sesuai jam sesi yang telah dibeli. Misalkan membeli tiket di sesi 1, maka pengunjung hanya bisa masuk di jam 11 siang sampai 2 siang. Lebih satu menit, maka pengunjung tidak bisa memasuki pameran GIIAS dan tiket akan hangus” kata Fony.

Pembagian sesi ini menjadi salah satu upaya dalam pembatasan pengunjung. Walaupun tidak ada batasan dari waktu berkunjung dalam melihat pameran GIIAS 2021, tetapi pengunjung hanya bisa memasuki dalam pameran GIIAS sesuai dengan jadwal sesi dari waktu pembelian.

Sementara itu, salah satu pengunjung bernama Misca beranggapan bahwa penerapan tiga sesi ini cukup efektif dalam mengurangi kerumunan di pameran GIIAS 2021.

“Penerapan sesi ini sangat efektif untuk mentaati protokol kesehatan sehingga tidak menimbulkan kerumunan saat mengantre masuk. Walaupun pada nyatanya, di dalam terlihat kurang mengalami keefektifan karena kondisi yang cukup padat.” ujar Misca.

Baca: Honda Vario 160, Menanti Skutik Baru Ini di GIIAS 2021

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

HEDWIGE

#GIIAS 2021
#Kerumunan
#pengunjung
#protokol kesehatan
#GIIAS
#Pedulilindungi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi