Fakta Menarik soal Toprak Razgatlioglu, Rider Muslim yang Anti Alkohol
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 22 November 2021 06:49 WIB
Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu melakukan "burnout" disaksikan ofisial timnya seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Ahad, 21 November 2021. ANTARA FOTO/Andika Wahyu

GOOTO.COM, JakartaToprak Razgatlioglu dinobatkan sebagai juara dunia World Superbike 2021. Kepastian itu diraih pembalap dengan nomor #54 tersebut setelah finis di posisi 2 Race 1 seri terakhir World Superbike (WorldSBK) di Sirkuit Mandalika, Minggu, 21 November 2021.

Hasil juara pertama Jonathan Rea (Kawasaki) tak mampu membantunya menggusur Toprak dari posisi puncak klasmen meski balapan masih menyisakan satu kali lagi.

Tetapi, tahukan Anda tentang sosok pembalap asal Turki yang terkenal ramah ini? Berikut ini kami sajikan 10 hal yang jarang diulas tentang Toprak seperti dikutip dari laman resmi WorldSBK:

1. Toprak Razgatlioglu lahir pada 16 Oktober 1996 di Alanya, Turki. Tanggal lahir Toprak sama dengan rekan satu timnya asal Italia, Andrea Locatelli.

2. Razgatlioglu tinggal di Sakarya di Turki bersama ibunya. Rumahnya tidak jauh dari tempat dia berlatih di sirkuit karting milik pembalap senior Turki, Kenan Sofuoglu.

3. Toprak diikutkan ke dalam perlombaan Kejuaraan Superstock 600 Eropa di Magny-Cours, Prancis, oleh Kenan Sofuoglu pada tahun 2014. Dia memenangkan balapan dengan kurang dari dua persepuluh detik di depan Anthony Dumont dan Niki Tuuli.

4. Juara WorldSSP lima kali Kenan Sofuoglu adalah manajer dan mentornya. Keduanya sama-sama menggunakan nomor start #54.

5. Toprak adalah penggemar olahraga ekstrim seperti jet ski, fliteboarding, dan di musim dingin bermain snowboarding. Dia juga menikmati karting di sirkuit Sofuoglu dan menggunakan sepeda motorcross. Selain hal yang berhubungan dengan balapan, Toprak juga dikenal dapat melakukan berbagai trik senam seperti handstand dan hand walking.

6. Dia adalah Juara WorldSBK pertama dari Turki, mengikuti langkah Kenan Sofuoglu. Hanya saja, Sofuoglu hanya menjuarai kelas WorldSSP dan tidak pernah sukses di kelas WorldSBK. Sofuoglu pernah mengatakan bahwa, “Rencana kami sejak saya memasukkannya ke Piala Superstock 1000 FIM Eropa adalah menjadikannya Juara Dunia Superbike Turki pertama dan kami ingin mencapai tujuan ini.”

7. Di helm balapnya, ada inisial T.T.A. Ini untuk dirinya sendiri, saudaranya Tümay dan ayahnya Arif. Ini juga inisial nama panggilan ayahnya: Tek taker Arif, yang diterjemahkan menjadi “Wheelie Arif” dalam bahasa Inggris. Pada 17 November 2017, ayah Toprak meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan sepeda motor di Turki.

8. Ketika Razgatlioglu tiba di San Juan di Argentina, para penggemar lokal dengan cepat memberinya julukan “El Turco”.

9. Toprak adalah seorang Muslim, dan karena itu tidak menyemprotkan Prosecco DOC di podium karena larangan alkohol dalam Islam. Dia juga berdoa sebelum balapan dan di grid.

10. Toprak mengikuti jejak ayahnya dalam mempelajari beberapa akrobat, terutama menguasai seni stoppie. Kemahirannya ini dia perlihatkan saat menuju podium usai Race 1 di Sirkuit Mandalika.

WORLDSBK

Baca juga: Toprak Razgatlioglu Juara Dunia Superbike 2021

#Toprak Razgatlioglu
#World Superbike
#WSBK
#Sirkuit Mandalika
#Jonathan Rea
#Muslim

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi