Jelang MotoGP Mandalika, Basarnas Siapkan Dua Helikopter Ambulans
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 23 November 2021 07:30 WIB
Hujan deras mengguyur Pertamina Mandalika International Street Circuit jelang balapan kelas WSBK seri Indonesia 2021 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu 20 November 2021. Pelaksanaan balapan kelas WSBK ditunda sementara hingga kondisi lintasan dinilai aman untuk balapan. ANTARA FOTO/Andika Wahyu

GOOTO.COM, Jakarta - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bisa melibatkan Badan SAR Nasional (Basarnas) untuk menyempurnakan MotoGP Mandalika tahun depan. Nantinya, Basarnas bisa mengambil tugas khusus dalam ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

Salah satu tugas khususnya adalah bertindak cepat saat insiden kecelakaan datang di MotoGP Mandalika. Basarnas dilaporkan siap untuk menghadirkan dua helikopter ambulans untuk mendukung gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

“Kami sudah siapkan dua unit helikopter, tapi kalau itu dinilai tidak dibutuhkan, kami akan tetap kirim satu helicopter, itu wajib,” kata Kepala Basarna Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, Henri menjelaskan bahwa dirinya sudah menyiapkan alat utama dan personel untuk menyukseskan MotoGP Mandalika. Keputusan ini diambil untuk mempermudah evakuasi kecelakaan di tengah kondisi jalan yang sempit.

“Kalau terjadi kecelakaan nanti jalurnya dari mana? Pasti tidak bisa keluar. Makanya dibutuhkan ambulans-ambulans udara, dan kami siap (menyediakannya),” kata Henri menambahkan.

Henri juga meramalkan bahwa pengunjung yang hadir di MotoGP Mandalika bakal lebih hebat dibandingkan dengan WorldSBK kemarin. Terlebih, jika kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia benar-benar lenyap dalam beberapa bulan ke depan.

“Kalau memang tiga bulan nanti Covid-19 dinyatakan hampir tidak ada, pengunjung akan banyak, maka potensi kecelakaan dan kejadian makin banyak,” tutup petinggi Basarnas tersebut.

Baca: Calon Juara Dunia WorldSBK Komentari Sirkuit Mandalika

ANTARA

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

#MotoGP Mandalika
#Basarnas
#Helikopter
#ambulans
#Sirkuit Mandalika
#MGPA
#MotoGP 2022

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi