5 Opsi Lokasi Formula E di Jakarta, Mana yang Lebih Cocok?
Reporter: Non Koresponden
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 26 November 2021 10:00 WIB
Pantai Kita Maju, Pantai Indah Kapuk (PIK) yang disebut bakal jadi calon lokasi ajang balap Formula E, Jumat, 8 Oktober 2021. TEMPO/Helmilia Putri Adelita

GOOTO.COM, JakartaPenentuan lokasi sirkuit untuk ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta 2022 masih belum diputuskan. Sejauh ini, ada lima lokasi yang muncul sebagai opsi tuan rumah balapan.

Dari lima opsi lokasi penyelanggraan Formula E tersebut hadir di beberapa wilayah Ibu Kota, yakni tiga lokasi di Jakarta Utara dan dua opsi di area Jakarta Pusat. Hal itu pun dibenarkan langsung oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

Pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut menjelaskan bahwa beberapa alternatif itu terdapat di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jalan Sudirman, Jakarta International Stadium (JIS), JIExpo Kemayoran, dan Ancol. 

"Belum ditentukan sirkuitnya di mana, karena ini bukan hal mudah. Banyak pilihan bagus, ada lima lokasi berbeda di luar area terlarang, ada banyak hal teknis," ujar Alberto Longo Co-Founder Formula E, dikutip dari Tempo.

Sekedar informasi tambahan, dua area lokasi yang dilarang untuk menggelar Formula E itu berada di wilayah Jakarta Pusat. Area tersebut adalah Monumen Nasional (Monas) dan Gelora Bung Karno (GBK).

Pria yang menjabat sebagai Ketua MPR tersebut menambahkan bahwa penetapan jalur Formula E bakal dilakukan sebelum libur Natal atau lebih tepatnya pada 25 Desember 2021. 

Kami akan lakukan kunjungan (visibility) ke lima lokasi ini sebelum diumumkan. Sebelum Natal sudah diumumkan. Kami akan mengajukan proposal ke Presiden Indonesia, beliau yang akan mengambil keputusan," ujar Alberto.

Baca: Mundur Lagi, Lokasi Sirkuit Formula E Jakarta Ditentukan pada Desember 2021

HEDWIGE | TEMPO | ANTARA

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Formula E
#lokasi
#Jakarta
#Jakarta Utara
#jakarta pusat
#Sirkuit
#Bamsoet

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi