Pemerintah NTB Siap Ciptakan SDM Kompeten Jelang MotoGP Mandalika 2022
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 30 November 2021 13:40 WIB
Sejumlah pembalap dan ofisial tim mengikuti sesi resmi pengecekan lintasan sirkuit di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (18 November 2021). ANTARA/Andika Wahyu

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dikabarkan bakal berkolaborasi untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam menyambut ajang balap MotoGP Mandalika 2022.

Nantinya, Pemprov NTB bakal merangkul seluruh kabupaten/kota untuk bekerja sama dengan dunia usaha, dunia industri (DUDI) dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Langkah ini tentunya diambil untuk menyukseskan gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Hal itu dibenarkan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB I, Gede Putu Aryadi. Menurutnya, dalam menyambut ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu Indonesia harus mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten.

“Menghadapi event-event berkelas dunia seperti MotoGP, maka perlu disiapkan tenaga kerja yang tidak hanya menguasai skill dan pengetahuan luas saja. Melainkan juga lengkap dengan etos kerja yang tinggi serta keterampilan untuk memberikan pelayanan berskala internasional,” katanya, diktuip Gooto.com dari Antara.

Lebih lanjut, Aryadi menyebutkan bahwa etos kerja dan keahlian akan menjadi kunci untuk kesuksesan event. Maka dari itu dirinya akan melakukan proses pelatihan yang melihbatkan pemerintah dan Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS).

“Tenaga kerja lokal akan bisa merajai semua kesempatan yang ada, bila kita bisa sejak dini menyiapkan SDM kompeten dan memiliki etos kerja yang baik,” kata mantan Inspektur Pembantu Khusus (Irbansus) di Inspektorat NTB tersebut.

“Misalnya bekerja sama dengan desa. Jadi, desa bisa menggunakan dana desa untuk membantu warganya dalam membantu peralatan agar warganya bisa terbantu dalam proses membangun usaha,” lanjutnya menambahkan.

Baca: Jelang MotoGP Mandalika, Basarnas Siapkan Dua Helikopter Ambulans

ANTARA

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#MotoGP Mandalika
#MotoGP 2022
#Sirkuit Mandalika
#Pemerintah
#NTB
#SDM

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi