Formula 1: Sirkuit Jeddah Bakal Menjadi yang Tercepat di Dunia
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 1 Desember 2021 18:22 WIB
Jeddah Corniche Circuit. Formula1.com

GOOTO.COM, Jakarta - Balap mobil Formula 1 pekan ini akan digelar di Sirkuit Jalan Raya Jeddah (Jeddah Corniche Circuit). Ini akan menjadi sirkuit terpanjang kedua yang masuk kalender balap F1 musim 2021 yakni 6.175 kilometer, hanya 800 meter lebih pendek dari Spa-Francorchamp di Belgia.

Menurut laporan situs Formula1.com, mobil F1 memerlukan waktu sekitar 1 menit 27,9 detik dalam satu putaran untuk sesi kualifikasi dan 1 menit 33,8 detik dalam balapan resmi. Catatan waktu itu didasarkan pada simulator mobil balap F1.

Sirkuit Jeddah memiliki total 27 tikungan, 16 di antaranya adalah tikungan ke kiri, 11 ke kanan. Salah satu tikungan yang menantang adalah di Tikungan 13 (hairpin) dengan belokan 12 derajat. Tikungan ini lebih curam tiga derajat dari tikungan tajam di Indianapolis, Amerika Serikat, dan tujuh derajat lebih rendah dari yang ada di Zanvoort, Belanda. Tikungan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pembalap karena memiliki G-load tinggi (sekitar 4,9 lateral G).

Sirkuit ini diperkirakan akan menjadi sirkuit jalan raya tercepat di dunia. Berdasarkan simulasi yang dilakukan, mobil F1 dapat dipacu hingga kecepatan tertinggi 322 km/jam. Dengan kecepatan rata-rata 252,8 km/jam, sedikit lebih lambat dari kecepatan rata-rata di Monza, Italia.

Sebagai sirkuit jalan raya, sektor keamanan menjadi perhatian utama penyelenggara, baik untuk pembalap maupun penonton. Sirkuit ini memiliki pagar pembatas sepanjang 13 kilometer, yang berfungsi untuk mencegah puing-puing mobil terbang ke area penonton jika terjadi kecelakaan. Selain itu, terdapat 3.300 buah dinding beton yang akan disatukan, bersama dengan 3.000 penghalang TecPro.

Proses pelapisan aspal untuk sirkuit ini melibatkan 1.250 tim konstruksi. Total menghabiskan 37.000 ton aspal hingga sirkuit selesai dibangun.

Sirkuit yang dirancang bersama Tilke, perancang sirkuit balap yang sering dipakai balapan F1, ini memiliki tujuh tribun untuk penoton. Tribun terbaik untuk menoton berada di Tikungan 1 dan Tikungan 27.

Grand Prix Arab Saudi perdana akan menjadi balapan malam, dengan lampu sorot akan dipasang di sekitar sirkuit sepanjang 6.175km. Lampu ini akan memberikan tingkat pencahayaan 1.500 lux dan memerlukan 20.000 meter kabel listrik.

Sirkuit ini semakin menarik karena berada di tepi Laut Merah, berada di antara masjid terapung yang terkenal di sana dan hanya 12 kilometer dari pusat kota terbesar kedua di negara itu.

Balap F1 akhir pekan ini akan menyajikan duel seru antara juara dunia bertahan Lewis Hamilton (Mercedes) dan Max Verstappen (Red Bull). Keduanya merupakan kandidat terkuat dalam perebutan gelar juara dunia F1 musim 2021. Verstappen saat ini mengumpulkan total 351,5 poin. Sedangkan Hamilton 343,5 poin.

Baca juga: Duel Sengit Lewis Hamilton Vs Max Verstappen Berlanjut di Jeddah

#Formula 1
#Jeddah
#Sirkuit Jeddah
#Masjid Terapung
#Laut Merah
#Lewis Hamilton
#Max Verstappen

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi