Penyebab Max Verstappen Dihukum Penalti 10 detik di F1 GP Arab Saudi
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 6 Desember 2021 09:00 WIB
Pebalap tim Red Bull Max Verstappen dan pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton terlibat senggolan di Grand Prix Arab Saudi, Sirkuit Corniche, Jeddah. (5/12/2021) (ANTARA/REUTERS/AHMED YOSRI)

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap Red Bull Max Verstappen mendapat hukuman penalti 10 detik karena menyebabkan tabrakan di Tikungan 27 dengan Lewis Hamilton (Mercedes) di Grand Prix Arab Saudi, Minggu, 5 Desember 2021. Verstappen juga mendapatkan tambahan dua poin penalti.

Hamilton-Verstappen terlibat dalam insiden aneh di Lap 37 Grand Prix Arab Saudi. Verstappen yang diminta untuk mengembalikan posisi pertama kepada Hamilton karena dianggap mendapatkan keuntungan keluar jalur lebih awal di Tikungan 1, melambat untuk membiarkan saingannya untuk melaju.

Hamilton yang berada tepat di belakang Verstappen tampak kaget dan tidak siap untuk menyalip. Beruntung pembalap asal Inggris itu melakukan manuver ke kiri meskipun sayap depan sebelah kanan mobilnya rusak karena menabrak bagian belakang mobil Verstappen.

Verstappen menerima penalti lima detik untuk insiden Tikungan 1 sebelumnya, dengan kedua pembalap dipanggil ke steward untuk insiden di Tikungan 27 ini.

Mengutip laman Formula1.com, steward merasa pantas memberikan Verstappen penalti 10 detik dan dua poin penalti (membuatnya total tujuh poin selama periode 12 bulan).

Berikut ini pernyataan resmi steward terkait insiden tabrakan Verstappen - Hamilton di F1 GP Arab Saudi. 

"Pada Tikungan 21 pengemudi mobil 33 [Verstappen] diberi instruksi untuk mengembalikan posisi ke mobil 44 [Hamilton] dan diberitahu oleh tim untuk melakukannya secara 'strategis'. Mobil 33 melambat secara signifikan di Tikungan 26.”

"Namun, jelas bahwa tidak ada pengemudi yang ingin memimpin sebelum garis deteksi DRS 3. Pengemudi Mobil 33 menyatakan bahwa dia bertanya-tanya mengapa Mobil 44 tidak menyusul dan pengemudi Mobil 44 menyatakan bahwa, tidak menyadarinya. Pada tahap itu Mobil 33 memberikan posisi kembali, tidak menyadari alasan Mobil 33 melambat.”

"Dalam memutuskan untuk menghukum pengemudi Mobil 33, poin kunci untuk Stewards adalah pengemudi mobil 33 kemudian mengerem mendadak (69 bar) dan secara signifikan, menghasilkan perlambatan 2,4g.”

“Meski menerima bahwa pengemudi Mobil 44 bisa menyalip Mobil 33 ketika mobil itu pertama kali melambat, kami mengerti mengapa dia (dan pengemudi Mobil 33) tidak ingin menjadi yang pertama melintasi [garis] DRS. Namun, pengereman mendadak oleh pengemudi Mobil 33 ditentukan oleh steward menjadi tidak menentu dan karenanya penyebab utama tabrakan dan karenanya hukuman standar 10 detik untuk jenis insiden ini, diberlakukan."

Meski mendapatkan hukuman penalti, Max Verstappen tetap dinyatakan finis kedua dan kini mengumpulkan poin sama dengan Hamilton, 369,5 poin. Duel keduanya akan berlanjut di seri terakhir Formula 1 di Abu Dhabi 10-12 Desember 2021. 

Baca juga: Lewis Hamilton Berpeluang Samai Poin Max Verstappen di GP Arab Saudi

#Max Verstappen
#Lewis Hamilton
#Mercedes
#Red Bull
#Formula 1
#Formula 1 Arab Saudi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi