Jika Tak Sportif, FIA: Poin Max Verstappen dan Lewis Hamilton Bakal Dikurangi
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 10 Desember 2021 13:16 WIB
Mobil pembalap Red Bull Max Verstappen dan Mercedes Lewis Hamilton saling bertabrakan saat balapan GP F1 di Autodromo Nazionale Monza, Monza, Italia, 12 September 2021. Max Verstappen dan Hamilton bertabrakan di chicane sehingga mobil Red Bull Verstappen berada di atas mobil Hamilton di gravel. REUTERS/Jennifer Lorenzini
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Direktur balapan FIA Michael Masi menegaskan bahwa pihaknya bakal mengurangi poin Max Verstappen dan Lewis Hamilton. Peringatan itu diberikan agar keduanya menghindari sikap tak sportif di Formula 1 Abu Dhabi 2021.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Setiap pelanggaran dalam kompetisi, perilaku yang tidak sportif atau upaya untuk memengaruhi hasil kompetisi dengan cara yang bertentangan dengan etika olahraga, dapat dihukum,” bunyi pernyataan tersebut, dikutip dari Crash.net.

Keputusan ini diambil untuk meminimalisir adanya kecurangan dalam perebutan gelar juara Formula 1 2021. Mengingat, Verstappen dan Hamilton kerap kali terlibat insiden di atas lintasan. Dengan tensi yang lebih tinggi di seri terakhir, maka potensi bentrokan bisa saja terjadi.

Sekedar mengingatkan kembali, keduanya sempat mengalami kecelakaan fatal di Formula 1 Inggris dan Italia. Terakhir, bentrokan kecil juga mereka alami saat memainkan seri balapan di Sirkuit Jeddah Cornechia, Arab Saudi.

Masi menjelaskan bahwa aturan ini diberlakukan sesuai dengan Pasal 12.4.5. “Untuk semua Kejuaraan FIA, piala, tantangan, piala atau seri, pengurus juga dapat memutuskan untuk menjatuhkan hukuman berikut: Penangguhan untuk satu atau lebih Kompetisi, penarikan poin untuk Kejuaraan, piala, tantangan, piala, seri,” bunyi pasal tersebut.

Verstappen sendiri saat ini masih berada di puncak klasemen sementara Formula 1 2021, meskipun torehan poinnya sama dengan Lewis Hamilton, yakni 369.5 poin. Keunggulan itu didapatkan Verstappen karena unggul satu kemenangan di musim ini.

Dengan begitu, Verstappen bisa saja dipastikan juara jika dirinya dan Hamilton mengalami kecelakaan atau gagal finis di Formula 1 Abu Dhabi 2021. Akan tetapi, dengan peringatan FIA ini, hal itu tidak bisa terjadi. Karena, jika Verstappen terbukti menjadi penyebab kecelakaan dengan Hamilton, hukuman pengurangan poin akan ia terima.

Baca: Lewis Hamilton Tak Masalah Jika Max Verstappen Juara karena Insiden Bentrokan

CRASH.NET

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi