FP1 Formula 1 Abu Dhabi: Max Verstappen Tercepat, Lewis Hamilton P3
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 10 Desember 2021 19:51 WIB
Pembalap Red Bull Max Verstappen. REUTERS/Edgard Garrido

GOOTO.COM, Jakarta - Max Verstappen mengawali akhir pekan Grand Prix Abu Dhabi dengan catatan waktu tercepat di sesi latihan bebas pertama pada Jumat, 10 Desember 2021.

Pembalap Red Bull Racing asal Belanda, yang sempat mengeluh kemudinya tidak terpasang dengan baik, melibas trek 5,2km yang berlawanan arah jarum jam di Sirkuit Yas Marina dengan waktu terbaik 1:25,009 detik. Catatan waktu ini 0,196 detik lebih cepat dari pembalap Mercedes Valtteri Bottas yang finis posisi dua, sedangkan Lewis Hamilton di P3.

Hamilton sempat mendekati catatan waktu terbaik Verstappen, namun lap terbaiknya dibatalkan karena pembalap Inggris itu kedapatan melampaui batas trek. Upaya terbaik Hamilton menempatkanya di P3 dengan jarak 0,346 detik dari rival utamanya tersebut.

Setelah merampungkan 21 balapan, Verstappen dan Hamilton menuju seri penutup di Yas Marina dengan koleksi poin sama untuk bertarung menentukan siapa yang menjadi raja musim ini.

Meraih hattrick lewat kemenangan di Grand Prix Arab Saudi, Hamilton telah menutup defisit delapan poin dari Verstappen dan akan berusaha menjaga momentumnya untuk mengukir sejarah menjadi pembalap pertama yang meraih delapan gelar juara dunia.

Sedangkan Verstappen akan berupaya menghentikan dominasi pembalap Mercedes dalam tujuh tahun terakhir dan meraih titel pertama dalam kariernya.

Apabila kedua pembalap gagal meraih poin di Abu Dhabi sehingga tetap memiliki poin sama, maka Verstappen akan menjadi juara dunia karena ia memiliki sembilan kemenangan, lebih banyak dari delapan yang diraih Hamilton musim ini.

Atau apabila Hamilton finis P9 dan Verstappen finis P10 dengan satu poin bonus untuk lap tercepat, maka Verstappen yang akan menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

P10 untuk Hamilton pada saat Verstappen finis di luar zona poin namun dengan lap terbaik maka pembalap Inggris akan menjadi juara dunia untuk kedelapan kalinya, karena poin lap tercepat hanya diberikan kepada pembalap yang finis sepuluh besar.

Pada pertengahan pekan ini, FIA telah mengeluarkan peringatan keras terhadap pembalap yang melakukan tindakan tidak sportif dalam seri penutup musim nanti, termasuk penalti pengurangan poin.

Sementara itu Sergio Perez finis P4 untuk Red Bull di depan pembalap AlphaTauri Yuki Tsunoda.

Juara dunia dua kali Fernando Alonso, yang sempat memuncaki catatan waktu, finis P6 untuk tim Alpine mengungguli Pierre Gasly dari tim AlphaTauri dan duet tim Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz.

Sebastian Vettel melengkapi sepuluh besar dengan mobil Aston Martinnya.

Pembalap cadangan Williams Jack Aitken menggantikan George Russell di sesi latihan pembuka, lima bulan setelah mengalami patah tulang selangka dan retak ruas tulang belakang menyusul kecelakaan dalam balapan sportscar Spa 24 Hours di Belgia.

Ia finis P17 di depan rekan satu timnya, Nicholas Latifi.

Kimi Raikkonen, yang akan pensiun setelah musim ini usai, finis P13 untuk Alfa Romeo.

Sesi latihan pertama berjalan minim kecelakaan dan di bawah terik matahari, sementara kualifikasi pada Sabtu akan digelar petang hari, seperti balapan pada Minggu setelah matahari terbenam waktu setempat, demikian Reuters.Baca juga: Jika Tak Sportif, FIA: Poin Max Verstappen dan Lewis Hamilton akan Dikurangi

#Max Verstappen
#Lewis Hamilton
#Formula 1
#Kimi Raikkonen
#Valtteri Bottas
#Mercedes
#Red Bull

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi