Inilah Tank Kepresidenan Obama  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 7 Januari 2009 19:37 WIB
Obama's Car

TEMPO Interaktif, Washington DC:

 Tanggal 20 Januari nanti, presiden terpilih Barack Obama bakal resmi dilantik sebagai presiden Amerika Serikat. Semua persiapan sudah dilakukan, termasuk pembuatan sebuah "tank" kepresidenan baru.

Tank? Ya, mobil kepresidenan ini lebih layak disebut tank. Bukan saja karena dirancang antipeluru, bahkan antibom, tapi juga karena bentuknya, menurut para disainer mobil, tidak ada anggun-anggunnya sama sekali.

"Ampun deh..kenapa Obama tidak sekalian saja disuruh memakai Abrams," begitu komentar mereka yang sempat melihat foto mobil itu. Abrams adalah seri tank canggih Amerika yang digunakan dalam perang di Irak.

Mobil kepresidenan itu adalah sebuah Cadillac limousine. Dirancang untuk kenyamanan sekaligus ketahanan, karena pintunya saja setebal 8 inchi (sekitar 20 cm). "Dengan kekuatan seperti itu, meteor saja tak akan sanggup menembusnya," kata sebuah kantor berita.

Pihak General Motor, pabrikan pembuat Cadillac, memastikan bahwa model limo Obama sama sekali model orisinal, bukan pengembangan model yang sudah ada sebelumnya. "Mobil itu dibuat dengan spesifikasi khusus, sudah melalui ujian berbagai kondisi ekstrim, namun tetap sesuai dengan kaidah keindahan mobil-mobil Cadillac," kata Joanne K Krell, juru bicara General Motor.

Tentu saja tidak dibuka ke publik apa saja keistimewaan mobil itu, demi aspek keamanan. "Yang pasti, bila presiden sudah di dalam, semua keributan dunia akan lenyap. Dia akan terisolasi total di dalam kotak yang sangat terlindung itu," kata Joe Funk, pensiunan Dinas Rahasia yang berpengalaman mengawal Presiden Bill Clinton.

Kata Joe lagi, meski "terisolasi dalam kotak", tapi Obama akan tetap terhubung dengan dunia luar karena semua perlengkapan komunikasi tersedia. Mau internet? Ada..! Telepon? Jangan pula ditanya...pasti tersedia. "Hanya dalam sekejap, dia sudah bisa menghubungi belahan dunia mana pun," kata Joe.

Meski mobil itu tergolong besar dan berat, namun mesinnya dibuat begitu rupa sehingga hemat energi. Tujuannya jelas bukan sekadar agar mobil itu ramah lingkungan. Dibuat hemat energi, karena Dinas Rahasia memperhitungkan situasi terburuk. Misalnya, presiden harus dilarikan jauh-jauh dari ancaman, maka mobil ini masih memiliki bahan bakar cukup. Tidak lucu, kan, bila saat mengamankan presiden, mobil itu harus mampir dulu ke pom bensin, atau Pak Obama harus keluar dari mobilnya yang mogok lalu naik taksi?

DP/CNN

#Sensor untuk Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi