Jepang Izinkan Mobil Mirrorless Beroperasi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Senin, 11 Juli 2016 19:01 WIB
BMW i8 Concept (worldcarfans.com)

TEMPO.COTokyo - Inovasi di dunia otomotif terus bermunculan. Setelah sejumlah pabrikan mengembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen dan mobil otonom, kini muncul inisiatif membuat mobil tanpa cermin (mirrorless). 

Mobil mirrorless berarti mobil yang tak memiliki kaca spion, baik di samping kiri dan kanan maupun di tengah kabin. Seperti dikutip dari japantimes.co.jp, Kementerian Transportasi Jepang pada Juni lalu sudah memberi izin mobil tanpa spion ini beroperasi di jalan raya.  

Lalu, bagaimana mobil bisa tetap berjalan dengan aman meski tanpa spion? Jawabannya adalah penggunaan teknologi kamera dan sistem monitor yang berfungsi memantau kondisi sekitar kendaraan. 

Konsep ini memang bukan barang baru. Banyak produsen otomotif sudah memasang teknologi semacam ini untuk memudahkan pengemudi saat parkir. Tapi regulasi transportasi di hampir semua negara masih mensyaratkan setiap kendaraan bermotor memiliki kaca spion.

Pejabat di Kementerian Transportasi Jepang, Masaru Miyashita, mengatakan kelebihan penggunaan kamera sebagai pengganti kaca spion justru lebih banyak. "Salah satunya mengeliminasi blind spot atau area di sekitar kendaraan yang tak terpantau kaca spion."

Miyashita juga menyatakan penggunaan sistem kamera adalah kemajuan untuk teknologi mobil otonom. "Dengan teknologi ini, mobil otonom atau truk yang dikendalikan dari jarak jauh menjadi mungkin."

Meski sudah membolehkan teknologi ini, otoritas Jepang tetap mewajibkan produsen memasang kamera pada posisi spion serta harus bisa memberikan sudut pandang yang sama. "Ini untuk memudahkan pengemudi beradaptasi."

Juru bicara Denso Corp—perusahaan Jepang yang mengembangkan sistem kamera mobil—Yuri Iwata, berpendapat, dengan dihilangkannya spion, rancangan mobil bisa menjadi lebih fleksibel dan futuristik. "Mobil konsep yang biasanya hanya ada di pameran bisa terealisasi."

Salah satu kendaraan konsep yang sudah menerapkan teknologi mirrorless adalah BMW i8. Mobil ini pertama kali diperkenalkan dengan mengadopsi teknologi tersebut di Consumer Electronic Show 2016 di Las Vegas, Januari lalu.

JAPANTIMES | MSN | PRAGA UTAMA

#Sensor untuk Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi