Salah Pasang Software, GM Tunda Penjualan Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 10 September 2012 13:14 WIB
General Motors Logo

TEMPO.CO, Detroit - General Motors Co menunda penjualan 60 ribu mobil baru keluaran 2013 yang sedianya mulai masuk dealer Oktober 2012. Hal ini disebabkan oleh kesalahan instalasi peranti lunak komunikasi OnStar yang bakal berdampak buruk pada kenyamanan pengendara.

Beberapa varian yang ditunda penjualannya yakni Chevrolet Cruze, Equinox dan Volt, Cadillac XTS, ATS dan SRX 2012; serta Buick Verano dan GMC Terrain. Menurut juru bicara GM, Alan Adler, pihaknya tengah memperbaiki perangkat lunak pada mobil tersebut. "Program ini bisa selesai pada pekan depan," kata dia seperti dikutip dari Autonews, Senin, 10 September 2012.

Kesalahan instalasi tersebut, kata Adler, bisa menyebabkan aplikasi Crash Notification OnStar tidak berfungsi. Program tersebut berguna untuk menghubungkan mobil dengan pusat panggilan GM jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

OnStar merupakan peranti lunak komputer yang bisa terhubung dengan jejaring telekomunikasi, seperti telepon seluler atau Internet. Selain Crash Notification, beberapa aplikasi OnStar lain, di antaranya, adalah kunci pintu otomatis, informasi konsumsi bahan bakar dan kinerja mesin, hingga starter lewat telepon seluler. GM menyertakan peranti lunak OnStar sebagai paket pilihan untuk beberapa mobil terbaru.

Adler mengatakan para dealer telah menerima pemberitahuan mengenai masalah ini sejak Agustus 2012. Pada bulan yang sama, mekanik GM melakukan perbaikan sebagian peranti lunak tersebut melalui jaringan Internet.

FERY FIRMANSYAH

Berita Terpopuler:Tanda Tanya Ongen di Kasus Munir Polisi Kejar Pencopet Smartphone Menteri AmirMalam Ini, Jokowi Wisata Kuliner Bakso Kotak-KotakDitemukan Gambar Yesus di Buku Panduan HajiAlasan Munir Pilih Garuda Indonesia

#Sensor untuk Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi