Penjualan Mobil Mercedes-Benz Turun 63 Persen per Januari 2022
Reporter: Bisnis.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 17 Februari 2022 14:51 WIB
Logo Mercedes-Benz. REUTERS/Michaela Rehle
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) baru-baru ini meluncurkan informasi terkait data penjualan mobil mereka sepanjang Januari 2022. Produsen mobil mewah itu nyatanya mengalami penurunan hingga 63 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sepanjang bulan lalu, Mercedes-Benz dilaporkan hanya menjual sebanyak 126 unit di pasar otomotif Indonesia. Pada Desember 2021, Penjualan mobil Mercy mampu mencapai 344 unit.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021, penjualan mobil Mercedes-Benz bulan lalu mengalami penurunan 34 persen. Sekedar informasi, pada Januari 2021, produsen mampu menjual produknya sebanyak 192 unit.

Menanggapi hal tersebut, Head of Sales Operation & Product Management PT MBDI Kariyanto Hardjosoemarto membeberkan beberapa faktor yang membuat pihaknya mengalami penurunan penjualan mobil. Menurutnya, itu terjadi karena masalah krisis chip.

"(Kelangkaan semikoduktor melanda) Sehingga mengakibatkan keterlambatan supply," kata Kariyanto seperti dikutip Gooto.com dari situs Bisnis hari ini, Kamis, 17 Februari 2022.

Lebih lanjut, Kariyanto berharap masalah ini bisa teratasi dan Mercedes-Benz Indonesia bisa mencatatkan pertumbuhan positif pada 2022. “Sehingga kami bisa kembali ke level penjualan yang lebih tinggi lagi,” tambah Kariyanto.

Terlepas dari itu, Mercedes-Benz mampu menempati posisi kedua dalam daftar penjualan mobil mewah terlaris pada bulan lalu. Mereka hanya kalah dari BMW, yang mampu mencatatkan penjualan sebanyak 190 unit.

Sementara itu, pada posisi ketiga dihuni oleh MINI dengan total penjualan mobil sebanyak empat unit. Meski sama-sama masuk berada di BMW Group, namun merek mobil mewah itu gagal mengikuti jejak BMW pada Januari 2022.

Pada posisi keempat dan kelima diketahui diisi oleh Lexus serta Audi. Lexus dilaporkan menjual produknya sebanyak dua unit pada bulan lalu, turun drastis ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya (28 unit). Sedangkan mobil Audi mencatatkan hal serupa seperti periode yang sama tahun 2021, yakni hanya laris satu unit.

Baca: Audi A8 Facelift Diperkenalkan dengan Teknologi Hybrid, Simak Spesifikasinya

BISNIS.COM

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi