Tesla Roadster yang Diterbangkan ke Luar Angkasa Sudah Mendekati Mars
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 21 Februari 2022 13:48 WIB
Mobil Tesla Roadster yang berada di luar angkasa saat uji coba pertama dengan roket Falcon Heavy, 6 Februari 2018. SpaceX melontarkan mobil listrik Tesla Roadster berwarna cherry red ke orbit Mars. (SpaceX via AP)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - CEO Tesla Elon Musk empat tahun lalu telah mengirimkan mobil listrik Roadster ke luar angkasa dengan roket SpaceX Falcon Heavy. Mobil sport listrik ini dikabarkan telah menempuh jarak lebih dari 377 juta km dari bumi dan sekarang sudah mendekati Mars.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut laporan situs Where is Roadster?, Tesla Roadster sudah bergerak menjauh dari bumi dengan kecepatan 6.005 km/jam dan berlari menuju Mars dengan kecepatan 27.955 km/jam. Laporan itu didapatkan menggunakan data dari NASA.

Dalam laporan yang sama, supercar listrik tersebut berjarak 320 juta km dari Mars dan telah melewati lebih dari 2,62 orbit mengililingi matahari. mobil sport listrik ini juga dikabarkan telah melakukan perjalanan cukup jauh untuk mengemudikan semua jalan di dunia sebanyak 49,5 kali.

Tesla Roadster pun diharapkan masih utuh saat melakukan perjalanan luar angkasa. Akan tetapi, kemungkinan mobil listrik tersebut mengalami kerusakan akibat serangan meteor.

Sejauh ini para astronom belum mengemati mobil listrik Tesla Roadster yang tengah melayang di luar angkasa sejak Maret 2018. Hal itu dilakukan karena astronom tidak menemukan nilai ilmiah dari perjalanan luar angkasa tersebut.

Tesla Roadster telah dilacak melakukan pendekatan jarak dekat ke Mars pada 2020 ketika jaraknya hanya 8 juta km. Akan tetapi, mobil sport listrik tersebut diperkirakan tidak akan sedekat itu dengan planet lain sampai 2035.

Sementara itu, sebuah makalah yang diterbitkan oleh Rein melalui Cornell University menjelaskan bahwa Tesla Roadster itu memiliki peluang sebesar 22 persen untuk menabrak bumi dalam 15 juta tahun ke depan.

Sekedar informasi tambahan, saat ini mobil listrik Tesla Roadster masih terus dipantau melalui situs web bernama Where is Roadster?. Website ini dioperasikan oleh programmer Ben Pearson, melacak posisi langsung dari Starman.

Baca: BMW MINI Brick Lane Edition Diluncurkan, Harganya Rp 525 Juta

HINDUSTAN TIMES

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi