Pasar Baterai Kendaraan Listrik Telah Melampaui 296 GWh pada 2021
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 22 Februari 2022 16:00 WIB
Dua kendaraan listrik tampak sedang mengisi ulang baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum milik PLN di Gambir, Jakarta Pusat. 9 Desember 2020. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pasar baterai kendaraan listrik secara global mengalami pertumbuhan yang signifikan pada 2021 kemarin. Bagaimana tidak, menurut laporan SNE Research, peningkatannya mencapai lebih dari dua kali lipat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa total kapasitas baterai yang terpasang pada kendaraan listrik di seluruh segmen yang terdaftar pada 2021 sudah mencapai 296,8 GWh (Gigga Watt Hour). Jumlah tersebut nyatanya meningkat sebesar 102,3 persen dibandingkan dengan tahun 2020.

SNE Research lebih lanjut melaporkan bahwa pada Desember tahun lalu, pasar baterai kendaraan listrik mencapai 43,7 GWh. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, jumlah itu meningkat sekitar 53,2 persen.

Peningkatan pasar baterai mobil listrik dan motor listrik ini nyatanya tak terlepas dari pertumbuhan kendaraan listrik secara signifikan. Seperti yang diketahui, sejumlah produsen ternama sudah berbondong-bondong menghadirkan mobil listrik pada tahun lalu.

Kendati demikian, tidak semua produsen baterai papan atas mencatat pertumbuhan yang mengesankan. Sejauh ini, hampir sepertiga dari total penyebaran baterai EV global dikaitkan dengan Contemporary Amperex Technology Co., Limited (CATL).

Perusahaan itu dilaporkan memasok 32,6 persen dari total baterai ke berbagai produsen kendaraan listrik. Tidak hanya Cina, namun CATL juga memiliki andil besar dalam penyebaran baterai ke negara lain.

Melansir dari situs Hindustan Times hari ini, Selasa, 22 Februari 2022, jumlah itu meningkat hingga 168 persen dibandingkan dengan tahun lalu. CATL sendiri mengeluarkan 96,7 Gwh sepanjang 2021.

Selanjutnya, perusahaan terbesar kedua yang berkontribusi pada pasar baterai kendaraan listrik adalah LG Energy Solution dari LG Chem. Produsen baterai tersebut mencatatkan 60,2 GWh dan pangsa pasarnya sebesar 20,3 persen.

LG Energy Solution menorehkan peningkatan sebesar 75,5 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Dengan begitu, CATL dan LG Energy Solution secara bersama-sama memasok lebih dari setengah baterai kepada kendaraan listrik global sepanjang tahun lalu.

Baca: BMW i7 Jalani Pengujian Akustik Agar Kabin Tidak Bising

HINDUSTAN TIMES

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi