Grab dan PLN Siap Mengembangkan Infrastruktur Kendaraan Listrik Umum
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 7 April 2022 13:00 WIB
Pekerja tengah melakukan pengecekan motor listrik di Stan PLN pada pameran IIMS 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu, 6 April 2022. PT PLN (Persero) dan PT Grab Indonesia berkolaborasi mengembangkan infrastruktur stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Grab dan PLN dilaporkan bakal bekerja sama untuk mengembangkan infrastruktur baterai untuk kendaraan listrik umum di Jakarta. Salah satu langkahnya adalah dengan membangun stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal tersebut dibenarkan langsung oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan. Dirinya menjelaskan bahwa pembangunan SPBKLU tersebut bakal dilakukan di empat lokasi tambahan.

"Kolaborasi ini merupakan aksi nyata PLN dan Grab dalam mempercepat ekosistem dan integrasi layanan kendaraan listrik di Indonesia. Demi mendukung target Carbon Neutral 2060," ujar dia, dikutip Gooto.com dari Antara, Kamis, 7 April 2022.

Lebih lanjut Doddy menjelaskan bahwa kerja sama PLN dan Grab dilaksanakan ketika keduanya hadir di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS 2022), JIExpo, Kemayoran. Kemitraan ini diklaim bakal menyediakan SPBKLU di empat lokasi Ibu Kota.

Stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum itu nantinya akan berada di PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta, yakni di Gambir, dua di PLN Bulungan, PLN Cempaka Putih dan PLN Kramatjati.

"Sejumlah kemitraan terus kami jalankan, salah satunya dengan Grab. Kolaborasi ini aksi nyata untuk mendukung peta jalan kendaraan listrik yang telah diluncurkan oleh pemerintah," ujarnya.

Di sisi lain, PLN UID Jatim juga telah melakukan perkembangan ekosistem kendaraan listrik. Mereka dikabarkan menggandeng Pemerintah Kota Kediri untuk menggencarkan kendaraan listrik di wilayah tersebut.

General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran menjelaskan bahwa hal tersebut menindaklanjuti SE Gubernur Jatim No 671/851/124.3/2022 tentang Imbauan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan Kompor Induksi di Jawa Timur.

"Kami mengunjungi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar untuk memohon dukungan, karena saat ini PLN sedang dalam proses transisi energi fosil ke energi terbarukan. Dan kami gencarkan electrifying lifestyle menggunakan kendaraan listrik dan kompor induksi dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Baca: Fitur WIND pada Mobil Wuling Raih 4 Penghargaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi