MotoGP Jerez: Aleix Espargaro Kembali Tampil Impresif, Start dari Baris Terdepan
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 1 Mei 2022 14:30 WIB
Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Jerez, Spanyol, 30 April 2022. (Aprilia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, tampil impresif dengan meraih start ke-3 pada MotoGP Jerez yang akan digelar Minggu, 1 Mei 2022. Pada sesi kualifikasi kemarin, Espargaro yang menggeber motor Aprilia RS-GP terbaru mencatat waktu 1 menit 36,933 detik. Hasil ini membawa pembalap Spanyol itu menjadi salah satu pembalap paling konsisten mengisi start di barisan depan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rekan satu tim Espargaro, Maverick Vinales, tidak mampu mencapai performa terbaik di sesi kualifikasi. Pembalap yang juga berasal dari Spanyol itu hanya mencatat waktu 1 menit 37,675 detik. Catatan waktu ini membawa mantan pembalap Yamaha itu start dari grid ke-4.

Sementara itu, Lorenzo Savadori juga tercatat sebagai pembalap yang sedang naik daun yang meskipun pada akhir pekan ini tidak berfokus sepenuhnya pada performa, namun telah dengan terampil mengurangi jarak di belakang pembalap yang lebih berpengalaman.

“Ini bukan kualifikasi yang sederhana. Sejujurnya, saya tidak terlalu optimistis. Sejak sesi pertama, saya merasa nyaman dengan ban balap, tetapi ada masalah dengan stang motor yang mendadak bergoyang (chattering) setiap kali kami mengejar waktu dengan ban lunak," kata Espargaro dalam keterangan resmi, Minggu.

"Tapi hari ini (Sabtu) saya benar-benar berjuang 110 persen. Biasanya bukan ide yang baik untuk mengambil begitu banyak risiko, tetapi strategi ini membuahkan hasil. Sangat penting untuk memulai dari barisan depan karena di Jerez tidak mudah untuk menyalip, terutama ketika trek licin saat cuaca panas. Kami dapat mengandalkan kecepatan yang baik dengan ban medium. Motor bekerja dengan baik dan berjalan mulus, jadi kami percaya diri dan saya tidak sabar menunggu balapan dimulai!"

Vinales mengaku kecewa dengan hasil di kualifikasi. "Sangat disayangkan kami berada di baris keempat karena kami memiliki potensi untuk memperebutkan posisi teratas," ujar dia.

"Di FP3 kami memiliki laju yang cepat dan begitu juga di FP4, kami kompetitif dengan ban balap. Terutama dengan ban bekas saya merasa sangat kuat. Sayangnya, di balap kualifikasi saya tidak menemukan perasaan yang sama dan kami masih perlu mencari tahu alasannya."

"Saya tidak punya banyak grip dan saya tidak bisa cepat. Kami akan terus bekerja keras untuk balapan terkini dan memberikan yang terbaik, tetapi tidak diragukan lagi ini bukan balapan yang mudah."

Balap MotoGP akan digelar pada pukul 19.00 WIB. 

Baca juga: MotoGP Qatar: Aleix Espargaro Bawa Aprilia ke Papan Atas

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi