Gelaran Formula E Jadi Komitmen Pemerintah untuk Membirukan Langit Jakarta
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 12 Mei 2022 12:00 WIB
Foto udara pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Ancol, Jakarta, Rabu, 11 Mei 2022. Pembangunan sirkuit JIEC sudah mencapai 100 persen dan menyisakan pemasangan infrastruktur. TEMPO/Hilman Fathurrahman W

GOOTO.COM, Jakarta - Gelaran Formula E dikabarkan bakal menjadi komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mewujudkan komitmen langit biru di Ibu Kota. Hal ini sejalan dengan misi nol emisi karbon pada 2030 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Gubenernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Dirinya menjelaskan bahwa kompetisi balap mobil listrik Formula E bisa menjadi awal bagi pemerintah dalam menyambut misi tersebut.

"Jadi kami ingin udara kami ini bersih sehat, salah satunya nanti ke depan menggunakan mobil listrik. Kami mulai dengan kendaraan," kata Ahmad Riza Patria seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Antara, Kamis, 12 Mei 2022.

Lebih lanjut Riza mengatakan salah satu kontributor polusi udara adalah emisi karbon yang dikeluarkan kendaraan bermotor. Pemprov DKI sebelumnya juga sempat meluncurkan 30 bus listrik TransJakarta dalam mendukung reduksi karbon.

"Ke depan nanti secara bertahap kami akan teruskan program ini (kendaraan listrik), tidak hanya bus listrik tapi juga mudah-mudahan mobil dinas sampai dengan mobil masyarakat," ujar dia menambahkan.

Sayangnya, lanjut Riza, saat ini mobil listrik masih memiliki banderol yang cukup mahal dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar bensin. Tak heran jika masyarakat masih memilih menggunakan mobil konvensional.

"Harga mobil (listrik) itu jauh sekali, masih mahal masih tinggi, perlu proses tapi ini harga mahal yang harus kami bayar untuk kesehatan, udara bersih sehat itu untuk kesehatan," ucap Riza menjelaskan.

BacaJadwal MotoGP Prancis: Bisakah Marc Marquez Rebut Podium?

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Formula E
#Jakarta
#balap mobil listrik
#Mobil Listrik
#Emisi Karbon

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi