Start dari P5 MotoGP Prancis, Enea Bastianini Berpeluang Podium
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 14 Mei 2022 23:48 WIB
Enea Bastianini (Gresini Racing) di Le Mans, Prancis, 14 Mei 2022. (Gresini Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap tim Gresini Racing MotoGP yang didukung Federal Oil, Enea Bastianini, menjadi tim satelit yang bakal diperhitungkan di MotoGP Prancis 2022, Minggu, 15 Mei 2022. Di sesi kualifikasi yang digelar Sabtu, 14 Mei 2022, pembalap asal Italia itu menempati posisi kelimat tercepat. Catatan waktu terbaiknya dalam satu putaran di Sirkuit Le Mans adalah 1 menit 30,711 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bastianini beberapa berkesempatan meraih pole position, sayangnya di beberapa tikungan terlalu melebar sehingga hanya bisa di lima besar tercepat di sesi kualifikasi. Catatan waktunya juga tak mengecewakan dari peraih pole position Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), hanya terpaut 0,261 detik.

“Semuanya berjalan lancar, meskipun baris terdepan nyaris diraih. Kami akhirnya bisa menunjukkan bisa kencang sepanjang persiapan balapan kali ini yang tak terlihat di seri sebelumnya. Jadi bisa dibilang kami sudah kembali,” ujar Bastianini dalam keterangan resminya.

Pembalap bernomor 23 tersebut juga mengaku mengalami beberapa kendala teknis sepanjang pekan. “Tapi kita harus siap dan bila kemungkinan hujan, memulai balapan dekat dengan baris terdepan akan menjadi keuntungan tersendiri. Sepertinya Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) punya motor kencang, tapi kita akan mencoba untuk menandinginya.”

Sedangkan Rookie MotoGP 2022 yakni Fabio Di Giannantonio berhasil masuk di 16 besar catatan waktu pembalap tercepat di sesi kualifikasi. Pembalap yang akrab dipanggil Diggia ini torehkan waktu 1 menit 31,487 detik.

“Saya tak terlalu senang hasil kali ini, padahal sudah melakukan langkah lebih maju, di sisi lain saya berharap bisa lebih dari ini. Kita mencoba beberapa penyesuaian yang sayangnya tak bekerja semestinya dan kehilangan sedikit kesempatan. Lainnya sudah alami penyempurnaan,” ujar Diggia.

Diggia juga berharap memaksimalkan Ducati Desmosedici yang ditungganginya, namun cuaca di Prancis ditebak akan hujan saat hari Minggu. “Sayang sekali di kualifikasi kita sudah melakukan dengan benar. Bila benar hujan di balapan nanti, menjadi balapan kali kedua di kelas MotoGP saat kondisi hujan. Kita akan mencoba yang terbaik,” yakinnya.

Melihat performa Bastianini dan Diggia di kualifikasi MotoGP Prancis ada potensi keduanya bisa mendulang poin penting di klasemen Juara Dunia 2022. Bastianini bisa ada kesempatan bikin bangga Indonesia dengan naik podium di depan penggemar balap MotoGP. Kemudian Diggia ada potensi meraih poin perdananya mengawali karir di MotoGP bersama Gresini Racing MotoGP.

Baca juga: Federal Oil Bangga Enea Bastianini Menangi MotoGP Qatar 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi